Besok Dibangun, Pasar Kanjengan Disterilkan dari Pedagang

METROSEMARANG.COM – Pembangunan Pasar Johar baru di lokasi bekas Pasar Kanjengan blok C dan D segera dimulai pada hari Jumat (20/10) besok. Lokasi pembangunan pun, Kamis (19/10) siang, disterilkan oleh Dinas Perdagangan dari keberadaan pedagang.

Proses pengosongan bangunan Pasar Kanjengan, Kamis (19/10). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Dari pantauan di lapangan, banyak pedagang yang masih nekad berjualan di kawasan Pasar Kanjengan. Petugas dari Dinas Perdagangan Kota Semarang terpaksa harus bertindak tegas. Ada ratusan lapak dan belasan kios milik pedagang yang kemudian dirobohkan.

Sejumlah pedagang, ada yang memunguti puing lapak dan kios yang telah dirobohkan tersebut. Serta memindahkan barang dagangannya ke relokasi Pasar Johar sementara di Komplek Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, yang memimpin langsung pembongkaran lapak pedagang, menjelaskan, pembongkaran lapak dan kios pedagang tersebut untuk memudahkan akses alat berat dan material pembangunan pasar.

”Besok pembangunan akan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Semarang. Ada sekitar 15 kios yang dibongkar. Pedagang sudah menyadari akan ada pembangunan Pasar Johar baru, sehingga ini tidak ada masalah,” ujarnya.

Ia meminta hari ini kawasan Pasar Kanjengan bersih dari pedagang, agar pembangunan Pasar Johar baru, yang ditargetkan selesai 2 bulan dapat berjalan lancar. Pedagang mulai hari ini harus bergeser ke relokasi Pasar Johar sementara di MAJT.

”Semua pedagang dari pedagang pancaan, buah, sayuran dan lainnya semua geser ke sana. Karena arus lalu lintas nanti juga akan ditutup, supaya pembangunan berjalan lancar,” katanya.

Sementara itu, beberapa pedagang mengaku terpaksa mengikuti keinginan Dinas Perdagangan, untuk dipindahkan ke relokasi Pasar Johar sementara. Sebab menurut mereka, akses dari dan ke Pasar Johar sementara di komplek MAJT tersebut sulit.

”Kami berharap, setelah selesai, dapat segera kembali berjualan di Pasar Johar baru,” kata Zubaidah, salah satu pedagang.

Pembangunan Pasar Johar baru di lokasi bekas Pasar Kanjengan Blok C dan D sendiri, pembangunannya didanai dari APBN sebesar Rp 93 miliar. (duh)

You might also like

Comments are closed.