Bikin Macet, Gombel Baru Kembali Searah

METROSEMARANG.COM – Setelah beberapa hari diberlakukan dua arah, Jalan Gombel Baru, Semarang kini akan kembali satu arah. Pasalnya pemberlakuan dua arah dinilai masih menjadi satu masalah yang menyebabkan ketersendatan laju kendaraan di wilayah Jatingaleh.

Forum Lalulintas Kota Semarang melakukan tinjauan di Underpass Jatingaleh, Sabtu (2/9). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Hal tersebut sesuai dengan tinjauan yang dilakukan oleh Forum Lalulintas Kota Semarang yang terdiri dari Satuan Lalulintas Polrestabes Semarang, Dinas Perhubungan, dan Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Metropolitan Semarang, Sabtu (2/9).

“Ya ini adalah kegiatan survei bersama, kami sudah melakukan beberapa kajian dan masukan dari masyarakat juga kami akomodir yaitu tentang masih terjadinya ketersendatan akibat pemberlakuan dua arah di Jalan Gombel Baru. Maka siang hari ini kami sudah bersepakat untuk melakukan rekayasa lalu lintas dengan model satu arah,” ujar Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi.

Dengan demikian, lanjut Ardi, kendaraan dari arah atas akan melalui Jalan Gombel Lama, sedangkan kendaraan yang melaju dari arah bawah tetap melalui Jalan Gombel Baru. Menurutnya jika masih diberlakukan dua arah di Tanjakan Gombel Baru maka akan tetap terjadi kemacetan.

“Saya kira ini akan berhasil dengan baik, karena dalam masa pembangunan setahun yang lalu dengan rekayasa yang seperti itu sudah menghasilkan keberhasilan yang baik,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, M Khadik mengatakan pihaknya akan segera meneruskan hasil tinjauan tersebut. Pihaknya akan segera mengeluarkan surat untuk membuka jalur yang saat ini ditutup untuk mempermudah proses pembukaan oleh pihak Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Metropolitan Semarang.

“Kita dari Dinas Perhubungan juga akan memasang rambu-rambu supaya masyarakat tidak bingung. Jadi nanti yang mau masuk ke Pasar Jatingaleh bisa ambil kiri, yang mau lurus bisa masuk flyover,” pungkas Khadik. (fen)

You might also like

Comments are closed.