BJB Salurkan Kredit Kerja Sama Pembiayaan ke BPR

bank bjb

SEMARANG – Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) menyalurkan kredit kerja sama pembiayaan (linkage) pada sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Kredit linkage tersebut bertujuan untuk mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah Jawa Tengah dan DIY.

Pemimpin Bank BJB Cabang Semarang, Rudy Purwadhi mengatakan, pihaknya menandatangani kerja sama nota kesepahaman bersama tiga BPR, yaitu BPR Bhakti Daya Ekonomi (Yogyakarta), BPR Surya Yudhakencana (Banjarnegara), dan BPR Surya Yudha (Wonosobo).

”Kepada tiga BPR tersebut kami menyalurkan kredit sebesar Rp 100 miliar. Kemitraan ini merupakan sinergitas antara bank umum dan BPR di Jateng-DIY,” ungkapnya seusai penandatanganan nota kesepahaman dan penyaluran kredit di Hotel Gumaya Semarang, Senin (18/5).

Kerja sama dan penyaluran pembiayaan ini sebagai wujud implementasi pemerataan kredit untuk menjangkau masyarakat di area luar, khususnya wilayah operasional cabang Bank BJB.

Direktur Mikro BJB, Agus Gunawan menjelaskan, kerja sama dengan BPR ini merupakan upaya penting dari pihaknya untuk fokus pada penyaluran kredit ke para pelaku UMKM baik secara langsung ataupun linkage. ”Selama ini selain dengan BPR kami juga menggandeng koperasi, namun tetap memitigasi risiko yang ada,” tuturnya.

Melalui upaya penyaluran pembiayaan itu, BJB mencatat pertumbuhan kredit sebesar 9,5% sehingga total kredit mencapai Rp 49,9 triliun sejalan dengan pertumbuhan kredit perbankan nasional. Adapun, peningkatan kredit itu juga didukung oleh pertumbuhan kredit dengan skema linkage BPR, yang sampai akhir April 2015 telah mencapai Rp 960 miliar dengan total debitur 370 instansi.

Sementara itu, Komisaris Utama BPR Bank Surya Yudha, Satriyo Yudiarto menyampaikan, kerja sama dengan BJB tersebut sebagai bentuk pengembangan bisnis mengingat daya jangkau bank umum ke daerah terbatas.

”Melalui kredit linkage ini kami bisa meneruskan dana tersebut ke pelaku UMKM di pelosok daerah. ”Kami memang memprioritaskan dana ini untuk pembiayaan modal kerja dan UMKM,” ungkapnya didampingi Dirut BPR Surya Yudha Banjarnegara Agus Budi Santoso dan Dirut BPR Surya Yudha Wonosobo Saptono Setyartoyo.

Pada kesempatan itu BPR Surya Yudha menerima pembiayaan sebesar Rp 70 miliar, masing-masing Rp 50 miliar untuk cabang Banjarnegara dan Rp 20 miliar untuk cabang Wonosobo. (MS-16)

You might also like

Comments are closed.