BLU Trans Semarang Pantau Bus dan Penumpang lewat Aplikasi Canggih

METROSEMARANG.COM – Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) untuk mengawasi pergerakan bus dan sekaligus memantau karyawan dan jumlah penumpangnya.

Plt Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti Ariawan. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Plt Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti Ariawan mengatakan, melalui teknologi informasi berupa sebuah aplikasi khusus yang masuk dalam web www.brtsemarang.com/transnew tersebut, pihaknya bahkan dapat mengetahui secara detail kru bus dan kecepatan bus yang sedang beroperasi di jalan.

‘’BRT Trans Semarang saat ini telah mempunyai 6 koridor sehingga membutuhkan pengawasan yang ketat untuk memantau pergerakan bus dan penumpangnya,’’ katanya, Rabu (31/1).

Menurutnya, dengan 6 koridor dan 131 armada BRT Trans Semarang tidak mudah untuk mengawasinya. Untuk itu BLU Trans Semarang memanfatkan teknologi informasi untuk melakukan pengawasan baik bus, karyawan, penumpang dan jumlah pendapatan dari beroperasnya sebuah bus Trans Semarang.

‘’Bahkan melalui sebuah aplikasi khusus kami dapat mengawasi kecepatan dari sebuah bus, sehingga apabila ada yang melanggar dapat langsung diberikan teguran melalui radio petugas yang mengawasi di kantor BLU Trans Semarang,’’ katanya.

Diakui Ade, dengan adanya aplikasi ini pihaknya sangat terbantu karena karyawan lebih disiplin dan dapat meminimaisir kebocoran pendapatan.

Dengan penerapan teknologi informasi ini, dia optimistis pelayanan dan pendapatan BLU Trans Semarang tahun ini akan semakin meningkat. Dimana di tahun 2017 lalu berhasil memperoleh pendapatan sebesar Rp25,4 miliar dengan penumpang rata-rata per hari 26 ribu penumpang. (duh)

You might also like

Comments are closed.