Branding Calon Gubernur Jadi Penentu Kemenangan di Bursa Pilgub Jateng

METROSEMARANG.COM – Sejumlah kalangan pengamat politik menilai branding yang kuat dari tim sukses pasangan calon gubernur jadi tolak ukur kemenangan di bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 mendatang.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Performa pasangan, soliditas tim, jaringan sosial, logistik dan kapital, dan pemetaan informasi serta pengelolaan isu juga faktor yang tidak boleh ditinggalkan,” ungkap Yulianto, Pakar Politik Universitas Diponegoro, saat menghadiri diskusi bertajuk Berebut Kursi Jateng 1 di Asmiral Jalan Ki Mangunsarkoro Semarang, Rabu (3/5).

Ia pun menegaskan bahwa penentu kemenangan pasangan calon berada pada kelompok kritis dan menengah, orang pinggiran, dan koordinasi antar elemen pendukung.

“Belum ada sosialisasi yang signifikan dan masih minim dukungan dari elemen masyarakat,” lanjutnya.

Tak cuma itu saja. Menurutnya pemakaian jejaring media sosial dan teknologi juga jadi penentu kemenangan tiap pasangan calon.

“Pemasangan gambar calon yang ditambah dengan branding slogan tentunya merupakan senjata ampuh untuk meraih dukungan masyarakat,” bebernya.

Untuk pengusungan nama Ganjar Pranowo dan Musthofa di bursa Pilgub Jateng misalnya, ia bahkan memperkirakan PDIP pasti mengeluarkan rekomendasi pada batas akhir sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Karenanya, ia menyarankan kepada parpol lainnya agar bergerak cepat untuk menentukan komposisi strategi pemenangan pasangan calon.

Bila dibandingkan pemilih provinsi lainnya, ia menyebut karakter masyarakat Jawa Tengah lebih menyukai pemimpin lugas, terbuka, dan tegas, namun santun, sejuk serta berwibawa.

“Dua yang terakhir adalah bersahaja, sabar, komunikatif, dan keras, berani ambil risiko, dan apa adanya,” terangnya.

Maka dari itulah, ia berharap pasangan calon di bursa Pilgub dapat saling mengisi sehingga tercipta komposisi yang ideal. (far)

You might also like

Comments are closed.