3 Cara Agar Sistem dan Browsing tanpa Iklan

Stop buang waktu! Pakai cara berikut agar sistem dan browsing tanpa iklan. Tidak sampai 10 menit setting, nikmati-kembali pengalaman browsing menyenangkan.

Stop buang waktu! Pakai cara berikut agar sistem dan browsing tanpa iklan. Tidak sampai 10 menit setting, nikmati-kembali pengalaman browsing menyenangkan.

Ini masalah yang paling sering terjadi saat browsing : iklan yang mengganggu, iklan yang tiba-tiba menginstall aplikasi tanpa sepengetahuan pemakai.

BROWSING TANPA IKLAN. Hapus iklan dari browser, atau pakai browser tanpa-iklan. System yang terlanjur terinfeksi aplikasi-iklan, bisa disikat dengan mudah. (Photo : Brave.com)
BROWSING TANPA IKLAN. Hapus iklan dari browser, atau pakai browser tanpa-iklan. System yang terlanjur terinfeksi aplikasi-iklan, bisa disikat dengan mudah. (Photo : Brave.com)


Kalau Anda memakai browser, iklan berasal dari 3 (tiga) sumber.
Pertama, alamat jahat. Kadang secara tidak sengaja, pemakai membuka alamat jahat, akibat diarahkan iklan, tanpa sepengetahuan pemakai. Metode pengalihan ini disebut “browser redirection“. Tadinya mau membuka alamat A, tetapi dibelokkan ke alamat lain. Situs p*rno dan blog iklan biasa menggunakan cara ini. Sebagai pemakai cerdas, sebaiknya bisa mencegah pemakai agar tidak mau membuka alamat jahat. Tidak perlu memberikan banyak nasehat, yang penting, alamat jahat bisa diblokir secara otomatis.
Kedua, klik iklan. Banyak iklan di website. Kalau iklan hanya berupa gambar untuk di-klik seperti di MetroSemarang, tidak masalah: user bisa klik, bisa tidak. Iklan yang membosankan itu iklan yang diprogram dengan algorithma, seperti iklan yang disesuaikan content-nya secara otomatis, atau iklan yang “memaksa” Anda menonton, seperti yang di YouTube. Tentu lebih cepat dan menyenangkan jika browsing tanpa iklan-terprogram.
Ketiga, install aplikasi. Iklan bisa memasang aplikasi, seringnya atas seijin pemakai, atau “tanpa” seijin pemakai. Pernah tidak merasa memasang aplikasi tetapi tiba-tiba aplikasi itu ada? Apa yang terjadi jika dalam system sudah ada aplikasi yang tak diinginkan, mengganggu browser? Tentu harus dihapus.

Artikel ini akan menjelaskan cara mengatasi semua problem itu dengan cara tercepat dan ampuh.

Mencegah Alamat Jahat dengan modifikasi HOSTS

Operating system Windows, Android, dan Linux, memiliki file HOSTS yang mengatur cara memperlakukan sebuah alamat. Pemblokiran bisa dilakukan dari HOSTS. Singkat cerita, kita bisa mendaftar ribuan alamat jahat ke dalam file ini agar tidak bisa melakukan koneksi, sehingga, tidak akan terbuka. Mau mendaftar satu per satu, tentu kelamaan. Anda tinggal memanfaatkan database yang disediakan dari website MVPS.

HOSTS, BLOKIR ALAMAT JAHAT. Memodifikasi hosts bisa untuk blokir ribuan alamat jahat secara otomatis. Update hosts secara rutin agar browsing bebas iklan. Bisa diterapkan untuk Android.
HOSTS, BLOKIR ALAMAT JAHAT. Memodifikasi hosts bisa untuk blokir ribuan alamat jahat secara otomatis. Update hosts secara rutin agar browsing bebas iklan. Bisa diterapkan untuk Android.


Dengan mengetikkan “hosts msvps download” di Google, Anda bisa menemukan alamat MVPS HOSTS.

Pada alamat tersebut, klik kanan link “hosts.zip” > pilih Save as… > simpan di folder. Selanjutnya, extract sebagai folder. Pada hasil extract tadi, klik kanan file “hosts.bat” dengan icon warna hitam, pilih “Run as Administrator…” kemudian tekan Enter.
Sekarang, ribuan alamat jahat sudah diblokir dari system. Terutama, alamat iklan, trojan, dan malware.

Update HOSTS bisa membuat system lebih cerdas memblokir alamat jahat.
Pemakai Android bisa memodifikasi hosts di /etc/hosts
Pemakai Linux bisa melakukan cara sama.

Browsing tanpa Iklan

Bisa memakai addons/extensions, bisa juga dengan browser yang memang dirancang tanpa-iklan.

Jika ingin browsing tanpa iklan di Firefox atau Google Chrome, bisa menggunakan Adblock Plus. Membuka YouTube tidak lagi melihat iklan, begitu pula saat browsing. Adblock Plus dapat dipasang di Android.

Apakah ada browser yang dirancang untuk menyembunyikan iklan? Ada dua pilihan: mau jalan di desktop atau smartphone?

Pakai Brave! Browser Tercepat dalam Sejarah
Brave diciptakan Brendan Eich, salah seorang pendiri Mozilla sekaligus pencipta Javascript. Brave diklaim Brendan sebagai browser tercepat karena menghapus semua iklan-terprogram yang ditampilkan berdasarkan algorithma (misalnya: AdSense) dan iklan yang muncul karena cookies. Dilema yang terjadi, iklan ini digantikan dengan iklan dari Brave, tentunya dengan imbal-balik tertentu yang bisa diuangkan. Brave akan memberikan cashback, namun masih menunggu dukungan sekitar 10 juta orang untuk menerapkan ide ini.

download brave browser untuk browsing tanpa iklan
BRAVE BROWSER. Tercepat, buatan pencipta Javascript, dan ngasih revenue ke pemakai. Baru sebulan beredar. Belum bisa untuk Android. (Photo : brave.com)


Sampai saat artikel ini ditulis (21/2), Anda bisa download Brave 0.7 di situs Brave, untuk dipasang di Windows 64 bit (88,3 Mb), OS X/Linux (76,8 Mb, format .dmg) dan Apple. Para pemakai Android harap bersabar, masih dalam daftar tunggu.

Bagi pemakai ponsel Android dan Apple, tersedia browser tanpa iklan.
Bisa diunduh dari situs browser AdBlock atau buka Adblock Browser di PlayStore

Menghapus Aplikasi-Iklan dari System

Apa yang terjadi jika system sudah terlanjur terinfeksi aplikasi iklan? Ciri-ciri browser yang sudah terinfeksi aplikasi-iklan: alamat awal saat browsing berubah, browser lambat, iklan di mana-mana, dan tiba-tiba ada aplikasi yang terinstall. Solusi browser lambat akibat aplikasi iklan sebenarnya mudah.
Aplikasi iklan bisa dihapus dengan AdwCleaner, pembersih aplikasi-iklan (adware cleaner) paling ampuh, hanya 1,44 Mb. Bisa dipakai untuk semua Windows 32/64 bit.

ADWCLEANER, TERAMPUH. Hapus aplikasi iklan dari system Windows, tercepat, kecil, gratis, dan selalu diupdate. Browsing lebih cepat. (Photo : ToolsLib.net)
ADWCLEANER, TERAMPUH. Hapus aplikasi iklan dari system Windows, tercepat, kecil, gratis, dan selalu diupdate. Browsing lebih cepat. (Photo : ToolsLib.net)


Download, install, dan jalankan. Pastikan, aplikasi lain (termasuk browser) sudah ditutup. Pilih “Scan“, biarkan sampai selesai, lalu pilih “Cleaning” untuk menghapus semua penyakit. Komputer akan restart otomatis (sekali saja) dan saat masuk Windows dia akan menginformasikan catatan (log) pembersihan. Sekarang, system telah bersih dari aplikasi iklan, termasuk yang ada di system, registry, dan startup.

Iklan memang bisa membuat orang Semarang jenuh dengan media sosial. Setelah browser bersih, Anda bisa kembali bercanda dengan kawan-kawan di free wifi angkringan Semarang atau menjalankan bisnis dari smartphone memakai WhatsApp. Tunggu artikel berikutnya.

Dengan ketiga cara di atas, Anda bisa browsing tanpa iklan. Jangan buang waktu untuk menunggu iklan. Atasi iklan di browser dan aplikasi-iklan yang terlanjur terinstall dengan cara di atas. Browsing akan menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan. [d]

You might also like

Comments are closed.