BRT Koridor III Ditarget Bisa Tampung 40 Persen Penumpang

BRT koridor III siap melayani warga Semarang. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya
BRT koridor III siap melayani warga Semarang. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meresmikan pengoperasian Bus Rapid Trans (BRT) koridor III dengan jurusan Pelabuhan Tanjung Emas-Akpol, Rabu (5/11) pagi. Pajabat yang akrab disapa Hendi ini juga langsung menjajal kelayakan BRT koridor III bersama pejabat terkait.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang, Agus Harmunanto mengatakan, ada 12 bus Trans Semarang koridor III yang beroperasi mulai hari ini. “Jadi, sebanyak 10 bus dijalankan setiap hari dan dua bus lainnya untuk cadangan,” kata Agus.

Sebelumnya, pengoperasian BRT koridor III ini membutuhkan waktu lama untuk mematangkan persiapan yang ada saat ini. Menurutnya, pembukaan jalur transportasi bagi BRT koridor III telah direncanakan sejak pertengahan Agustus 2014.

Sejak saat itu, pihaknya mengadakan lelang terbuka untuk merealisasikan proyek transportasi massal berbiaya murah tersebut hingga akhirnya dibentuk satu perusahaan gabungan. “Dan per 1 September kemarin, kita pesankan 10 bus ke PT New Armada di Magelang. BRT koridor III ini merupakan gabungan dari enam pengusaha bus kota yang selama ini melayani jurusan Pelabuhan-Akpol PP,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga  menargetkan, operasional perdana BRT koridor III tersebut mampu mengangkut 30-40 persen penumpang. (yas)

You might also like

Comments are closed.