BRT Trans Jateng Koridor I Resmi Meluncur

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Bus Rapid Transit (BRT) untuk koridor I dengan rute Stasiun Tawang-Terminal Bawen Kabupaten Semarang PP. Ganjar bahkan menjajal sendiri naik bus yang disebut sebagai armada Trans Jateng itu saat berada di Bawen.

Gubernur Ganjar Pranowo mencoba BRT Koridor 1 rute Stasiun Tawang-Bawen, Jumat (7/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“BRT jadi pemenuhan janji saya. Kemarin buruh minta transportasi murah, sekarang manfaatkanlah BRT,” ungkap politikus PDIP tersebut di sela pengoperasian perdana jalur Tawang-Terminal Bawen, Jumat (7/7).

Ia menyebut terdapat 18 bus yang dijalankan pada rute tersebut. Ia menyatakan bus Trans Jateng nantinya terhubung dengan jalur Trans Semarang. Sehingga ia berharap ke depan mampu memudahkan masyarakat mengakses transportasi massal tersebut.

Harga tiket bus Trans Jateng sebesar Rp 1.000 khusus buruh dan pelajar serta penumpang umum seharga Rp 3.500 per lembar.

Untuk mendukung pengoperasian jurusan tersebut, pemerintah provinsi menggelontorkan subsidi sebesar Rp 14 ribu per penumpang. Selama enam bulan ke depan total subsidi yang dikucurkan mencapai Rp 5,6 Miliar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng Satriyo Hidayat menuturkan pengadaan bus Trans Jateng sudah dilakukan pihal BLUD sejak jauh-jauh hari.

Satriyo menyebut trayek Tawang-Bawen mampu memangkas waktu tempuh yang ada selama ini. Jarak pada trayek tersebut adalah 36,5 kilometer dengan waktu tempuh 90 menit.

Jumlah shelternya ada sebanyak 38 titik dan sebaliknya 43 buah. Sementara ini sudah ada shelter yang terkoneksi di RS Elizabeth dan Balai Kota.

“Dari hasil studi sebetulnya dibutuhkan 25 armada, nanti ditambah sambil nunggu respon masyarakat,” ungkapnya. (far)

You might also like

Comments are closed.