BTN Kucurkan Rp 155 Triliun untuk Dukung Program Sejuta Rumah

METROSEMARANG.COM – Dalam tiga tahun terakhir, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. konsisten mendukung program Sejuta Rumah. Bank BTN telah membiayai 1,44 juta unit rumah dengan nilai penyaluran kredit properti baik berupa KPR maupun kredit konsturksi sebesar Rp 155,9 triliun.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono memaparkan Progam Sejuta Rumah. Foto: istimewa

“Bank BTN tidak hanya mendukung soal akses pembiayaan bagi seluruh lapisan nasabah tapi juga dalam menyokong sisi pasokan dengan kredit kontruksi bagi para pengembang,” kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono, Minggu (15/10).

Bank BTN menargetkan penyaluran kredit konstruksi dan KPR untuk 666 ribu unit rumah hingga akhir 2017 dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah, terdiri dari 504.122 unit untuk KPR Subsidi dan 161.878 unit untuk konstruksi rumah non-subsidi, serta penyaluran KPR non-subsidi.

Sementara per September 2017, Bank BTN sudah merealisasikan KPR untuk  sekitar 167 ribuan unit rumah, 130 ribuan unit di antaranya adalah  KPR Subsidi. Sementara yang mengalir dalam bentuk kredit konstruksi terdistribusi untuk kurang lebih 300.000 unit rumah.

Selain itu Bank BTN juga berinisiatif merilis produk pembiayaan perumahan bagi MBR, antara lain dengan produk KPR Mikro. KPR Mikro merupakan pembiayaan dengan plafon kredit sebesar Rp 75 juta untuk pembelian rumah, renovasi rumah dan membangun bagi para pekerja informal yang berpenghasilan tidak tetap.

“Program sejuta rumah dapat lebih sukses dengan dukungan dari Pemda untuk menyediakan lahan misalnya membuat land bank atau bank tanah dan berkoordinasi dalam hal pendataan masyarakat yang perlu mendapat dukungan subsidi,” kata Maryono. (ade)

You might also like

Comments are closed.