Buka SNC 2016, Hendi Berkisah Filosofi Warak Ngendok

METROSEMARANG.COM – Tepat pukul 19.39 Wali Kota Hendrar Prihadi didampingi jajaran Pemerintahan Kota (Pemkot) Semarang secara resmi membuka even Semarang Night Carnival (SNC) 2016, Sabtu (7/5) malam di depan Taman Sri gunting Kota Lama. Event keenam yang dihelat sejak tahun 2011 tersebut sebagai puncak perayaan hari jadi Kota Semarang.

Pembukaan SNC 2016. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Pembukaan SNC 2016. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengatakan, melalui SNC dirinya mengajak masyarakat untuk mengingat sejarah Kota Semarang yang dilambangkan dalam binatang khas yakni warak ngendok.

“Ini adalah binatang khas Kota Semarang yang merupkan sebuah simbol akulturasi keberanekaragaman budaya di Kota Semarang,” jelas Hendrar di hadapan tamu undangan.

Hendi pun sedikit menjelaskan makna binatang mitologi khas Semarang tersebut yang terdiri dari tiga bagian. Dari segi kepala, lanjut Hendi melambangkan dari etnis Cina, badannya berbentuk burok dari budaya Arab, dan kaki kambing melambangkan Jawa.

“Sehingga kawan-kawan bisa membayangkan bahwa warak ngendok ini adalah perbaduan berbagai etnik budaya dan agama dari dulu sampai sekarang, dan alhamdulillah Kota Semarang menjadi kota yang kondusif,” katanya.

Pawai Semarang Night Carnival diawali dengan rombongan drum band dari sekolah PIP. Meski awal karnaval diguyur hujan, tak menyurutkan minat penonton untuk menyaksikan arak-arakan dengan kostum yang unik. Semakin malam, penonton yang hadir semakin padat. (din)

You might also like

Comments are closed.