Buku “Mendidik Pemimpin dan Negarawan”  Dibedah di Unika

SEMARANG – Buku “Mendidik Pemimpin dan Negarawan” karya Romo A Setyo Wibowo dan Haryanto Cahyadi dibedah di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata. Sore ini, bedah buku masih berlangsung. Dihadiri oleh Setyo Wibowo dan dua pembedah dari Unika, Rektor Budi Widianarko dan dosen Unika, Dhonny Danardono.
Ada tiga bagian dalam buku Setyo. Bagian pertama mengungkap tentang pendidikan seorang pemimpin. “Mungkinkah mendidik pemimpin?” pertanyaan tersebut mengemuka dalam forum ini. Bagian kedua dari buku ini merupakan karya tesis Haryanto Cahyadi, tentang negarawan filsuf. Membahas kesempurnaan seorang pemimpin.
Bagian ketiga adalah mengungkap filsafat pendidikan politik Platon dan kegunaannya dalam pendidikan karakter pemimpin. Dikatakan Romo Setyo, pemimpin yang baik muncul dari dua hal. Pertama, pemimpin terbentuk dari bakar alam. Kedua, pemimpin muncul dari keterdesakan dan seleksi. Dimana keduanya membutuhkan proses pendidikan yang tak sekadar transfer pengetahuan. “Pendidikan adalah pembudayaan. Sesuai nilai kebudayaan setempat,” kata Setyo.

You might also like

Comments are closed.