Bule Hongaria Terkesima Durian Mijen

Soemarmo (kanan) menawarkan durian kepada wisatawan asal Hongaria yang berkunjung di Festival Durian Semarang, Jumat (6/3). Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha
Soemarno (kanan) menawarkan durian kepada wisatawan asal Hongaria yang berkunjung di Festival Durian Semarang, Jumat (6/3). Foto Metrosemarang/Achmad Nurseha

SEMARANG – Festival Durian Semarang 2015 baru resmi dibuka, Sabtu (7/3). Tapi, kemeriahan event tahunan tersebut sudah mulai terlihat sejak hari ini, Jumat (6/3). Apalagi, ada bule asal Hongaria yang menjadi pusat perhatian para peserta.

Kedatangan turis di hari pertama acara Festival Durian Semarang 2015 yang digelar di Lapangan Jatisari, Mijen itu memang cukup menyita perhatian para peserta. Bule yang mengaku berasal dari Hongaria terus berkeliling mengitari area lokasi acara dan sesekali memotret. Hal itu membuat para peserta festival saling berebut memamerkan dan menawarkan produk yang dimiliki.

Bahkan, Ketua Panitia, Soemarno juga ikut memamerkan durian hasil kebunnya kepada bule yang bernama Daniel Ti Geszti itu. “Bule ini langsung datang dari Hongaria khusus ingin melihat Festival Durian. Katanya, dia tahu event ini dari blog www.yearofthedurian.com yang diunggah temennya orang Sendangmulyo, Tembalang,” ujar Soemarno, yang juga menjabat sebagai Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Semarang.

Soemarno mengatakan, kedatangan wisatawan asing di Festival Durian tahun ini diharapkan bisa lebih meyakinkan masyarakat bahwa durian Indonesia memiliki kualitas yang bisa bersaing hingga tingkat internasional. “Kata Daniel, di Hongaria juga ada durian yang diimpor dari Thailand. Dari Indonesia belum ada,” tambahnya.

Kendati demikian, lanjutnya, setelah bule mencicipi aneka durian yang dipamerkan dalam festival kali ini bisa menjadi penilaian tersendiri bagi para peserta terkait rasa dan kualitas duriannya. “Dia (Daniel) suka durian Petruk. Dia mengaku puas dan bisa habis tiga buah sekaligus,” imbuh Soemarno sembari menyodorkan durian Petruk di stan duriannya kepada bule itu.

Festival Durian Semarang, akan berlangsung hingga Minggu (8/3) lusa. Rencananya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi secara resmi akan membuka event yang memasuki tahun kedua ini, Sabtu (7/3) pagi. “Lomba durian dan buah-buahannya hari ini. Setelah itu buah yang menjadi juara akan disajikan buat Bapak Wali besok,” tambahnya. (ans)

You might also like

Comments are closed.