Burjo Sriwijaya, Menu Ideal Buat Ibu Hamil

image
Burjo Sriwijaya (foto: Metro Semarang/Lucky Laurence

Di deretan Jalan Sriwijaya, ada warung bubur kacang ijo (burjo) yang enak dan lain dari yang lain. Warung burjo tanpa nama ini terletak di samping bengkel Bintang Motor. 

Memang bahan-bahan yang digunakan sama dengan penjual burjo lainnya, yakni kacang ijo, ketan hitam dan santan. Tapi, cara memasaknya berbeda. Sehingga rasa burjonya pun beda.

Kacang ijo yang disajikan di warung burjo ini tampaknya direndam cukup lama. Ini terlihat dari tekstur kacang ijo yang mekar dan empuk. Ketan hitamnya juga empuk dan sama sekali tidak berasa pahit. Santannya, yang dimasak dengan daun pandan, tidak dicampurkan dengan kacang ijo saat proses memasak. Kacang ijo dan santan baru disatukan di mangkuk saji.

Burjo yang dijual di warung ini disajikan hangat maupun dingin. Harganya sama, yakni Rp. 4 ribu per porsi. 

Namun, cita rasa burjo ini cukup manis. Oleh sebab itu, penjualnya menyediakan segelas teh tawar gratis untuk menetralkan rasa manis di mulut. Jika Anda kurang suka makanan yang manis, mintalah agar penjual menambahkan air pada burjo Anda sehingga rasanya tak terlalu manis. 

Menyantap burjo ini paling enak saat pagi hari, ketika ingin memakan sarapan dengan menu ringan. Meski tampaknya cukup ringan, tapi burjo mengandung vitamin B, karbohidrat dan protein yang dapat mengisi perut tanpa membuat mules dan menghasilkan energi untuk beraktivitas sepanjang pagi. 

Burjo juga menu yang direkomendasikan bagi ibu-ibu yang sedang hamil muda dan mengalami morning sickness. Karena sari kacang ijo dapat meredakan mual, menutrisi ibu dan bayi dalam rahim, dan yang utama, burjo bisa mengisi perut ibu hamil. Sebab, wanita hamil muda biasanya kesulitan untuk memakan apapun. Dan burjo adalah makanan yang mudah dicerna ketimbang nasi, sehingga menu ini cocok dikonsumsi wanita hamil.

O ya, warung burjo ini buka 24 jam. Jadi jika Anda merasa kelaparan di tengah malam, njujug saja ke warung burjo ini. Tuntaskan rasa kelaparan Anda. (ren)

You might also like

Comments are closed.