Buron 4 Tahun, Pembobol Bank Jateng Ditangkap di Deliserdang

METROSEMARANG.COM – Terpidana kasus kredit fiktif di Bank Jateng Syariah, Yanuelva Etliana ditangkap tim gabungan Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi Sumut dan Kejaksaan Negeri Lubukpakam, Selasa (15/3). Direktur CV Enhat Semarang itu ditangkap di Deliserdang, setelah menjadi DPO Kejati Jateng sejak 2012 silam.

Ilustrasi Foto: blogs.reuters
Ilustrasi
Foto: blogs.reuters

“DPO Kejati Jateng atas nama Yanuelva Etliana ditangkap di Jalan Tukang Besi, Pancur Batu, Deliserdang, Sumut, siang ini sekitar pukul 12.00 WIB,” kata ‪Asisten Intelijen Kejati Sumut, Nanang Sigit, seperti dilansir dari republika.co.id.

Yanuelva Etliana merupakan terpidana pembobolan Bank Jateng Syariah Semarang. Hakim menghukumnya dengan pidana penjara selama 15 tahun. Yanuelva juga didenda Rp 500 juta setara enam bulan kurungan. Serta dibebankan uang pengganti Rp 39 Miliar atau pidana tambahan 8 tahun.

Yanuelva diketahui mengajukan kredit dengan jaminan Surat Perintah Pekerjaan (SPP) dan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) fiktif. Ada 24 SPP dan 24 SPMK Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang diajukan sebagai jaminan kredit melalui 24 CV pinjaman ke Bank Jateng Cabang Semarang.

Hukuman Yanuelva dijatuhkan dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang dengan Ketua Majelis Hakim Jhon Halasan Butarbutar. Persidangan tanpa dihadiri Yanuelva pada Kamis, 1 November 2012.

Selama dalam pelarian, Yanuelva bekerja sebagai wiraswasta. Dia diketahui sudah berada di Deliserdang selama dua tahun terakhir. Saat ini, wanita 45 tahun tersebut masih menunggu tim eksekutor Kejati Jateng untuk dibawa ke Semarang. (twy)

You might also like

Comments are closed.