Buron Korupsi Alkes RSUD Pekalongan Ditangkap di Semarang

Ilustrasi
Ilustrasi

METROSEMARANG.COM – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menangkap Direkut PT Bina Sejahtera berinsial DRR (36). Warga asal Jakarta tersebut yang sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) itu ditangkap atas kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) RSUD Kraton, Kabupaten Pekalongan senilai Rp 24 miliar.

Tindakan yang merugikan uang negara tersebut dilakukan DRR pada 2012 lalu. DRR sudah ditetapkan menjadi DPO sejak bulan Oktober 2015 lalu.

Dia (DRR-red) kami tangkap di Jakarta dan tiba di Semarang sekitar pukul 19.00,” ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum (‎Kasi Penkun) Kejati Jateng, Sugeng Riyadi, Kamis (14/1) malam.

Dalam kasus tersebut, selain DRR, penyidik Kejati Jateng juga menetapkan salah satu pejabat RSUD Kraton berinisial SM. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka sejak Januari 2015 silam. SM diketahui merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) dalam proyek tersebut.

Kasus pengadaan alkes dan KB di RSUD Kraton Pekalongan terjadi pada 2012 dengan pagu proyek sebesar Rp 24 miliar. Modus yang dilakukan yaitu dengan melakukan penggelembungan harga (mark up) alkes dan KB. Berdasarkan perhitungan di internal Kejati, ada anggaran yang diduga dikorupsi Rp 4 miliar sampai Rp 5 miliar. (MS-02)

You might also like

Comments are closed.