Buruh Siapkan 9 Tuntutan May Day

Ilustrasi Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

SEMARANG – May Day atau Hari Buruh Sedunia yang diperingati setiap 1 Mei bagaikan pestanya kaum pekerja. Pada Jumat (1/5) besok, 10 ribu buruh akan turun ke jalan.

Sekretaris Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Jateng Nanang Setyono mengatakan, ribuan buruh itu berkumpul di Jalan Pahlawan, tepatnya depan Kantor Gubernur Jateng. “Kami berkumpul sekitar pukul 07.00 pagi lalu bergerak menuju Kantor Gubernur Jateng. Aksi akan mulai sekitar pukul 08.00,” katanya, Kamis (30/4).

Dengan kekuatan 10 ribu orang, Gerbang dipastikan akan menutup akses lalu lintas Jalan Pahlawan. Dalam aksinya, Gerbang mengusung sembilan tuntutan. Seperti halnya yang selalu disuarakan buruh, tuntutan pertama mereka adalah menolak upah murah dan penghapusan sistem kontrak serta outsourcing.

Gerbang juga menuntut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merevisi Peraturan Gubernur tentang Pedoman Survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL). “Kami juga akan menyuarakan agar teman-teman (buruh) melawan pemberangusan serikat buruh,” tegas Nanang.

Tuntutan lainnya adalah meminta pemerintah menegakkan hukum di bidang ketenagakerjaan, memberikan hak dan perlindungan bagi buruh rumahan, menurunkan harga BBM dan kebutuhan pokok, membubarkan pengadilan hubungan industrial dan menlak pembangunan Rusunawa dengan menggunakan dana buruh di BPJS. (byo)

You might also like

Comments are closed.