Bus Wisata Ditarget Dongkrak Kunjungan Wisman ke Semarang

METROSEMARANG.COM – Jumlah kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Semarang diharapkan akan semakin meningkat dengan keberadaan sarana Bus Wisata Semarang. Selain gratis, wisatawan juga dapat menikmati Kota Semarang dengan keindahan tempat wisata yang dimilikinya.

Launching Bus Wisata double decker di Balai Kota Semarang, Selasa (3/10). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

“Bus wisata ini merupakan sarana untuk mengembangkan pariwisata di Semarang. Ini tentu akan sangat mendorong untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Semarang. Karena bisa menikmati obyek-obyek wisata semarang baik siang maupun malam hari,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri, Minggu (8/10).

Dia menuturkan, pertumbuhan rata-rata per tahun kunjungan wisatawan ke Kota Semarang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara sejak tahun 2012-2016 sekitar 14,5%. Di tahun 2016 lalu jumlah jumlah wisatawan yang datang ke Ibu Kota Jawa Tengah ini sebanyak 4.660.822. Khusus wisatawan mancanegara sendiri yaitu ada 55.252.

Diharapkan pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Kota Semarang di tahun 2017-2019, terutama dengan telah adanya Bus Wisata Semarang tiap tahun rata-rata bisa meningkat mencapai 21,8%.

“Untuk tahun 2017 ini ditargetkan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan menjadi 6.000.100, dari tahun sebelumnya hanya ditargetkan sekitar 5 jutaan,” kata Masdiana.

Ditambahkan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Semarang optimistis meningkat, karena dari evaluasi beberapa event yang digelar di Semarang ternyata banyak juga dikunjungi oleh turis-turis dari luar negeri. Dengan adanya Bus Wisata Semarang gratis, akan lebih membuat semarak dan menarik pariwisata Semarang di mata mereka.

Ke depan, dirinya berharap bus wisata double decker atau tingkat dua ini bisa ditambah jumlahnya. Selain itu, jangkauanya juga bisa diperluas menjangkau seluruh tempat-tempat wisata yang ad di Semarang.

“Lebih banyak lebih bagus, misalnya ada 4 atau 5 bus wisata, agar wisatawan yang mau naik tidak perlu menunggu antre,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.