Calon Independen Mulai Ramaikan Pilgub Jateng 2018

METROSEMARANG.COM – Pemerintah telah menetapkan proses pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Selain bakal calon yang diusung dari parpol. Beberapa calon dari dari jalur independen kini juga mulai bermunculan.

Ilustrasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Joko Purnomo menyebut baru ada satu orang yang tertarik maju di jalur independen. Yang bersangkutan merupakan tokoh masyarakat asal Kota Semarang.

“Sudah ada satu pasangan yang mulai cari-cari informasi untuk maju Pilgub lewat mekanisme independen. Tapi untuk identitasnya belum bisa kami kasih tahu sekarang,” kata Joko, Selasa (25/4).

Khusus pasangan calon independen, kata Joko, harus punya dukungan suara 1,8 juta jiwa dengan perhitungan wilayah separuh dari total kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah.

Lalu untuk calon dari parpol, pihaknya mensyaratkan tiap pasangan punya kursi 20 persen di tingkat DPRD Jawa Tengah atau gabungan partai politik dengan perolehan suara minimal 25 persen.

Karena itulah, dari hitung-hitungannya pada bursa Pilgub 2018 nanti terdapat setidaknya enam pasangan calon. “Empat mewakili parpol, dua independen,” tegasnya.

Kendati demikian, ia menuturkan kondisinya bisa berubah bergantung pada dinamika politik yang berkembang nanti, apakah ada koalisi parpol atau justru dukungan calon independen dapat terpenuhi.

Di Jawa Tengah, eskalasi politik diperkirakan bakal meningkat karena berbarengan dengan Pilkada serentak tingkat kabupaten/kota. Tahun depan, Joko menambahkan juga ada tujuh daerah yang ikut menggelar Pilkada tahap III yaitu di Kabupaten Karanganyar, Temanggung, Kabupaten Magelang, Banyumas, Kudus, dan Kabupaten serta Kota Tegal. (far)

You might also like

Comments are closed.