Calon Siswa SMK 4 Semarang Wajib Jalani Tes Kesehatan

METROSEMARANG.COM – SMK Negeri 4 Semarang telah memiliki kriteria baku yang wajib dipenuhi calon siswa. Salah satunya adalah persyaratan tes kesehatan yang meliputi tes buta warna dan tinggi badan.

Kepala SMK 4 Semarang, Felik Yuniarto menjelaskan, persyaratan tersebut diberlakukan bagi calon siswa yang ingin mendaftar di jurusan tertentu. “Tinggi badan dan tes buta warna hanya untuk jurusan tertentu yaitu jurusan teknik,” beber Felik saat ditemui di kantornya di Jalan Pandanaran II No.7, Mugassari, Semarang Selatan, Rabu (15/6) pagi.

Pelaksanaan tes buta warna di SMK Negeri 4 Semarang, Rabu (15/6). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Pelaksanaan tes buta warna di SMK Negeri 4 Semarang, Rabu (15/6). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Menurutnya, persyaratan tersebut juga untuk memudahkan siswa saat mereka memasuki dunia kerja. Terlebih lagi untuk buta warna, karena warna menjadi masalah krusial di bidang tertentu. “Nah misalnya di jurusan teknik, kabel-kabel pasti berwarna dan tiap warna ada fungsinya,” imbuh Felik.

Felik mengungkapkan pihak sekolah bukannya hendak memberatkan calon siswa. Namun kebijakan tersebut justru untuk kebaikan siswa. “Tes kesehatan kami lakukan sebelum verifikasi,” terang Felik.

Hal tersebut dilakukan agar jika ada calon peserta didik yang tidak mencapai persyaratan tersebut tidak perlu melakukan verifikasi dan bisa langsung memilih sekolah lain. Pihaknya tidak ingin merugikan para siswa.

“Kalau sudah verifikasi ternyata buta warna otomatis tidak lolos, sedangkan jika sudah verifkasi sudah tidak bisa ke sekolah lain,” papar Felik.

Pelaksanaan PPD di SMK N 4 ini juga melibatkan siswa kelas X dan XI yang tergabung dalam OSIS. Hingga hari ketiga pelaksanaan PPD sebanyak 46 calon siswa dinyatakan gugur karena buta warna. (vit)

You might also like

Comments are closed.