Cantiknya Banjir Kanal Barat Diterangi Cahaya Lampion

METROSEMARANG.COM – Ribuan warga Semarang padati kawasan Banjir Kanal Barat, Semarang, Kamis (18/5) malam. Mereka turut memeriahkan Festival Banjir Kanal Barat 2017 yang digelar selama tiga hari. Acara dibuka langsung oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dengan menerbangkan ribuan lampion.

Pembukaan Festival Banjir Kanal Barat 2017, Kamis (18/5). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Wajah antusias tampak pada para pengunjung tatkala ribuan lampion hendak diterbangkan. Dengan menyalakan api lampion yang telah dibagikan panitia, para pengunjung mulai menerbangkan lampion satu persatu.

Banjir Kanal Barat tampak bercahaya malam tadi. Langit yang gelap dihiasi ribuan lampion yang beterbangan sekira pukul 22.00. Ribuan pengunjung memanfaatkan momen agenda tahunan ini dengan berswafoto.

Sementara itu Hendi, sapaan Hendrar Prihadi mengatakan, festival ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangkaian acara ulang tahun Semarang yang ke 470. “Ini sudah tahun kelima, alhamdulillah dari tahun ke tahun penontonnya semakin membeludak seperti ini,” ujarnya.

Tak hanya lampion, festival ini juga dimeriahkan dengan lomba hias kapal. Berbagai bentuk kapal dengan ornamen-ornamen hias silih berganti berjalan di sungai melewati panggung utama meskipun hanya beberapa saja yang bisa karena air terlalu dangkal.

“Menghias kapal ini maksudnya adalah Banjir Kanal Barat yang sudah kita normalisasi sedemikian rupa dengan bantuan pusat selain sebagai meminimalkan banjir atau mencegah banjir ini juga bisa sebagai tempat wisata, dengan agenda seperti ini harapannya semakin banyak orang tahu tentang Banjir Kanal Barat terutama keindahannya,” tambah Hendi.

Selain itu, penerbangan ribuan lampion juga merupakan sebuah pengharapan untuk Kota Semarang. “Dengan di iringi doa, mudah-mudahan Semarang yang berusia semakin matang ini semakin melayang tinggi, dan juga membuat masyarakat lebih sejahtera,” pungkas Hendi.

Festival Banjir Kanal Barat 2017 ini juga dimeriahkan dengan ratusan booth UMKM di Kota Semarang. Rencananya, acara ini akan diselenggarakan hingga Sabtu (20/5) besok. (fen)

You might also like

Comments are closed.