Cara Membuat Stiker WhatsApp

oleh: Day Milovich *)

WhatsApp yang menghubungkan penggunanya dengan aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker sendiri, bahkan bisa dengan wajah sendiri.

TIDAK mau kalah dengan LINE, Telegram dan Facebook messenger, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur stiker, 25 Oktober 2018 lalu. Bukan saja stiker emoji dan GIF, stiker dengan wajah sendiri bisa dikirimkan pengguna aplikasi percakapan ini.

WhatsApp yang menghubungkan penggunanya dengan aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker sendiri, bahkan bisa dengan wajah sendiri. Bagaimana cara membuatnya?

Ilustrasi. (sumber: kompas.com)

Pastikan WhatsApp Sudah Update

Hal itu agar aplikasi bisa digunakan untuk melihat (dan mengirimkan sticker). Untuk meng-update WhatsApp, dapat menggunakan tautan berikut ini:

Update WhatsApp Terbaru (Official)
Update WhatsApp+ dan GBWhatsApp

Kalau sudah update WhatsApp, untuk mengirimkan sticker, tinggal klik ikon smile, kemudian klik stiker (di sebelah kanan gif). Kalau dapat kiriman stiker, tinggal klik-tahan, lalu “tambahkan ke favorit”. Stiker tadi akan masuk ke koleksi stiker kamu, dan akan kelihatan saat kamu klik ikon “bintang” (favorit). Bisa dipakai.

 

Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Stiker WhatsApp merupakan gambar format .png transparan ukuran 512×512 pxl dan dimasukkan sebagai stiker di WhatsApp. Gambar itu bisa dibuat dari ponsel pintar. Caranya:

1.Pilih gambar
Gambar yang akan dijadikan stiker bisa berupa foto sendiri, hasil selfie.

2.Hapus background
Untuk menghapus background gambar, bisa menggunakan aplikasi berikut ini:

Ultimate Background Eraser
atau ini:

Background Eraser v2.5.0

Tapi percaya atau tidak, aplikasi penghapus background WhatsApp tidak akan sebagus Photoshop. Saran saya, kalau urusannya branding dan hasil bagus, lebih baik kerjakan pembuatan gambar sticker ini dengan Photoshop.

3.Simpan dan siapkan gambar
Gambar-gambar yang sudah sesuai format itu bisa disimpan dan disiapkan ke dalam satu folder. Untuk membuat satu pack sticker, minimal butuh tiga gambar .png transparan.

stiker whatsapp
Stiker dengan wajah sendiri. (sumber: udafanz.com)

4.Tambahkan koleksi gambar
Gambar .png transparan yang sudah siap bisa ditambahkan sebagai stiker di WhatsApp. Untuk penambahan, bisa menggunakan aplikasi berikut:

Personal Stickers for WhatsApp

Setelah ditambahkan, bisa dikirim ke kawan-kawan. Tentunya hanya kawan yang sudah meng-update aplikasi WhatsAppnya yang bisa melihat stiker kiriman. (*)

 

*) Day Milovich adalah webmaster, artworker, penulis, tinggal di Semarang dan Rembang

 

 

 

Comments are closed.