Cegah Bullying, DP3A Semarang Gelar Lomba Antar-pelajar

METROSEMARANG.COM – Peringati Hari Anak Nasional (HAN) 2017, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Semarang bekerjasama dengan Yayasan Setara menggelar serangkaian lomba tingkat pelajar. Lomba tersebut di antaranya adalah seni tari tradisional, tari modern, menyanyi, dan fotografi.

Lomba tingkat pelajar di TBRS dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kegiatan yang diikuti ratusan pelajar mulai dari SD-SMA itu digelar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Semarang, mulai Senin (24/7) hingga Rabu (26/7) mendatang.

Kepala Seksi Pengasuhan, Pendidikan dan Budaya DP3A Kota Semarang, Catur Karyanti mengatakan, lomba ini merupakan salah satu upaya pemkot dalam mewujudkan Kota Ramah Anak.

“Baru-baru ini Kota Semarang dinobatkan sebagai Kota Layak Anak, meski pun tingkatnya masih Pratama. Salah satu upaya kami meningkatkan predikat itu adalah dengan mencegah bullying,” ujar Catur.

Menurut Catur, bullying bisa dicegah dengan cara memberi berbagai kegiatan positif bagi anak-anak, salah satunya perlombaan seperti tari-tarian dan sebagainya. Selain memberikan berbagai kegiatan bagi anak-anak, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan menggelar kampanye anti-bullying kepada pelajar di Semarang. Bahkan, pihaknya saat ini juga telah menetapkan empat sekolah percontohan anti-bullying di Semarang.

“Keempat sekolah yang kami tetapkan sebagai sekolah percontohan anti-bullying itu, yakni SMPN 33, SMPN 11, SMPN 17, dan SMPN 41,” ujar Catur.

Sementara itu, pada hari pertama kegiatan memperingati HAN 2017 itu digelar lomba tari tradisional tingkat SD. Perlombaan ini diikuti oleh 19 SD di Kota Semarang dengan masing-masing kelompok terdiri dari tiga hingga lima orang anak.

“Sebenarnya setiap UPTD itu mewakilkan satu kelompok perwakilan, namun animo peserta yang tinggi jadi ada yang mengirim lebih dari satu kelompok,” beber Catur.

Sementara di hari kedua akan diadakan lomba tari modern yang diikuti peserta tingkat SMP. Lalu pada hari ketiga atau puncaknya, rencananya akan diadakan pementasan dari para pemenang lomba yang diselenggarakan di luar ruangan. (fen)

You might also like

Comments are closed.