Cegah Demam Berdarah, Warga RW VI Gondoriyo Lakukan Fogging

METROSEMARANG.COM – Petugas Dinas Kesehatan Kota Semarang dengan warga RW VI Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang bersama-sama melakukan fogging guna membasmi nyamuk di lingkungan setempat, Senin (20/3) pagi.

Fogging di wilayah RW VI Gondoriyo, Senin (20/3). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Fogging ini dilakukan lantaran tujuh orang warga RW VI dinyatakan positif terkena Demam Berdarah (DB). Padahal selama ini Kelurahan Gondoriyo merupakan wilayah dengan jumlah jentik paling sedikit dibanding kelurahan lain.

Hartanto, Ketua RT IV menuturkan, di wilayahnya sendiri memang ada beberapa rumah yang berjentik namun warganya tidak ada yang terserang DB. “Yang kena itu RT III, V juga, sini ndak ada,” bebernya.

Meski demikian, menurutnya sidak jentik sudah dilakukan pada Minggu (19/3) kemarin dan sebenarnya fogging bukanlah cara efektif untuk membasmi nyamuk Aedes Aigypti. Pihaknya bersama ibu-ibu PKK juga telah rutin menggelar acara PKK sekaligus menyosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan rumah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh warga untuk mengatasi jentik nyamuk adalah dengan memelihara ikan di bak mandi. Selain ramah lingkungan, ikan juga akan memakan jentik-jentik nyamuk sehingga tidak sampai berkembang biak.

Subarjo, salah seorang warga menuturkan meski difogging namun nyamuk tetap bisa bertahan. Terlebih di lingkungannya banyak sekali tanaman dan semak-semak. “Tapi ini (fogging) masih lebih baik daripada tidak ada tindakan apapun,” tukasnya. (vit)

You might also like

Comments are closed.