Cegah Kebakaran, RSUP Kariadi Pasang Alat Pengamanan Berstandar Internasional

METROSEMARANG.COM – Suara sirine yang meraung-raung membuat sejumlah petugas medis di RSUP dr Kariadi tunggang-langgang. Mereka yang melihat kepulan asap di sebuah ruangan kemudian bergegas mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terpasang di tiap sudut rumah sakit tersebut.

Simulasi pemadaman kebakaran di RSUP Dr Kariadi, Selasa (23/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Sembari memadamkan kobaran api, beberapa petugas juga mengevakuasi para pasien dari bangsal. Dengan dibantu para petugas kebakaran Kota Semarang, mereka cukup sigap menggelar simulasi kebakaran di Lantai II Paviliun Kepodang, Selasa (23/5).

Ketua Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) RSUP dr Kariadi, Bambang Satoto mengatakan di setiap gedung paviliun kini sudah terpasang APAR dan alat hidrolik air untuk mengatasi musibah kebakaran.

“Ada tiga keran air berdaya besar yang kami pasang dan setiap saat dapat diaktifkan jika kebakaran muncul di tempat kami,” ungkap Bambang.

Peralatan pemadam api dimilikinya kini sudah berstandar internasional. Untuk mapping ruangan yang potensi tinggi menjadi penyebab kebakaran pun disendirikan dan terpisah dari ruang pasien.

“Ruang risiko tinggi berada di gudang gas dan bahan-bahan yang mudah terbakar,” katanya sembari menunjukan titik rawan kebakaran di RSUP dr Kariadi.

Karena itulah, simulasi bersama tim pemadam kebakaran penting dilakukan demi meningkatkan kemampuan dalam kesiapsiagaan menangani bencana. (far)

You might also like

Comments are closed.