Cegah Kejahatan Jalanan, Semarang Tambah Kamera Pengintai

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana menambah closed circuit television (CCTV) yang bakal ditempatkan di sejumlah jalan protokol. Saat ini 22 CCTV yang dikelola Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang sebagai pemantau jalan dinilai belum mampu mengcover secara maksimal.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memantau ruangan streaming di Kantor Dishubkominfo. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memantau ruangan streaming di Kantor Dishubkominfo. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Nantinya CCTV tersebut dapat diintegrasikan di tiap SKPD dengan Dishubkominfo Kota yang juga berfungsi sebagai pemantau jalan. Selain memantau jalan, CCTV tersebut juga bisa memantau aktivitas yang dirasa mencurigakan,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Selasa (12/4).

CCTV tersebut juga bisa digunakan oleh Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga (Dinsospora) Kota Semarang untuk melihat dan memantau kegiatan anak jalanan. Kepala Dinsospora Kota Semarang, Gurun Risyadmoko meminta bantuan Dishubkominfo untuk menginfokan kepadanya jika ada aktivitas anak jalanan, pengamen dan gelandangan di persimpangan jalan.

Sementara itu Kepala Dishubkominfo kota Semarang Agoes Harmunanto mengatakan, saat ini CCTV berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas di sejumlah jalan protokol. Selain itu dari pihak kepolisian juga sering meminta bantuan mengungkap kasus kriminal di jalanan.

“Dengan penambahan CCTV diharapkan dapat lebih mengcover seluruh area jalan yang memudahkan untuk memantau jalan yang mengalami kemacetan,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.