CERITA FOTO: Ramai-Ramai Mudik Gratis Naik Kapal

UNTUK kali ketiga, PT Pelindo (Persero) menggelar mudik gratis bagi para penumpang kapal rute Sampit-Semarang. Di hari pertama, Selasa (5/6), terdapat 500 penumpang dari dua kapal yang tiba di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Penumpang KM Egon pertama kali tiba di Tanjung Emas sekitar pukul 11.00 WIB. Terdapat ratusan penumpang KM Egon jurusan Pelabuhan Kumai-Tanjung Emas yang tiba dan langsung disambut para petugas Pelindo. Lalu, KM Kelimutu jurusan Pelabuhan Sampit-Tanjung Emas datang dua jam berikutnya.

“Penumpang kapal yang berasal dari Kumai dan Sampit, selanjutnya akan diantar dengan bus Damri ke daerahnya. Ini tujuannya untuk mengurangi kemacetan sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang,” ungkap General Manager Pelindo III Semarang, Ardhy Wahyu Basuki.

Ardhy menyebut penumpang kapal itu selanjutnya diantar ke tujuh daerah mulai Brebes, Rembang, Wonogiri sampai Magelang. Ia menjelaskan, Kota Semarang mendapat jatah 30 persen dari total 14 ribu penumpang kapal yang mendapat layanan mudik gratis di seluruh Indonesia.

“Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, kemarin 2500, sekarang 4500,” bebernya. Ia memprediksi puncak mudik jalur laut terjadi pada H-1 dan H-2 Lebaran. (far)