Ciptakan Pelaut Handal, 91 Taruna Polimarin Digembleng di Surabaya

image
Komandan Pusat pendidikan khusus KODIKOPSLA KOBANGDIKAL Surabaya, Zainal Akbar berikan julukan “TRAYA JALAPATI” bagi Taruna- Taruni baru, Polimarin angkatan III. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Dalam rangka mempersiapkan calon pelaut yang handal serta mewujudkan karakter taruna-taruni yang berdisiplin dan berwawasan kebaharian, Politeknik Maritim Negeri Indomesia (Polimarin) mengadakan pembinaan karakter dan kepemimpinan serta bela negara (PKKBN).

Para taruna baru ini dikirim dan mendapatkan pendidikan khusus di Surabaya, tepatnya di pusatendidikan khusus Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) dan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) selama 6 hari terhitung sejak tanggal 25-30 Agustus 2014.

Dikemukakan oleh Komandan Pusat Pendidikan Khusus Surabaya, Kolonel Laut Zainal Akbar, pembinaan karakter dan kepemimpinan serta bela egara perlu diberikan kepada para taruna Polimarin agar mereka memiliki disiplin, serta memiliki jiwa pemimpin.

“Para taruna ini harus mempunyai bekal dasar dalam diri untuk membentuk karakter, mental dan kepemimpinan serta sosok pemuda pemudi Indonesia yang tanggap, tangguh, dan trengginas. Artinya bahwa mereka harus memiliki kepekaan diri, sikap tangguh, sikap yang cekatan, serta berjiwa kebangsaan tinggi,” katanya.

Zainal menambahkan, dirinya memberikan julukan khusus bagi taruna Polimarin angkatan III ini dengan nama “Traya Jalapati” yang artinya angkatan ke 3 penguasa lautan. “Maka buktikanlah semua itu jangan hanya sekedar nama yang disandang, apakah kalian sanggup…” Zainal Akbar menyerukan kepada para Taruna.

Pada pendidikan khusus yang diterima oleh taruna-taruni Polimarin angkatan III ini mereka mendapatkan pembinaan karakter, orientasi medan, kepemimpinan, PBB dan PPM, komunikasi sosial, serta pelatihan Scuba Driver.

Pada kesempatan yang sama Direktur Polimarin, Dra. Sri Tutie Rahayu, M.Si menambahkan, kendati para taruna telah mendapatkan pendidikan khusus pembinaan karakter dan kepemimpinan, namun juga tetap berpedoman pada 9 (sembilan) inti nilai Polimarin yaitu (Personality, Objective, Leadership, Integrity, Morality, Ability, Resposibility, Innovative dan nationality).

Sri Tutie menambahkan, pihaknya memberikan selamat serta dukungan kepada taruna-taruni terpilih dan terseleksi dengan baik dengan harapan bagi mereka yang memiliki latar belakang berbeda mulai dari watak, karakter, dan kebiasaan yang berbeda-beda, oleh karena itu pembinaan sangat diperlukan bagi para taruna ini.

“Nantinya mereka ini akan mewarisi kepemimpian, guna menyamakan cara pandang, cara pikir dan cara tindak sebagaimana layaknya postur calon pemimpin-pemimpin Indonesia yang akan datang,” imbuh Sri Tutie Rahayu

Wakil Direktur III Polimarin, Yulius Oscar, S.E, M.M menambahkan pada penerimaan taruna angkatan III tahun 2014 ini sebanyak 91 taruna terbagi menjadi 28 Nautika, 25 Teknika, 38 KPN (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan). Dari 91 taruna tahun akademik 2014 tersebut sebanyak 20 taruna diterima melalui jalur (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) PMDK-PN dan sisanya adalah (Ujian Masuk Politeknik Negeri ) UMPN. (joe)

You might also like

Comments are closed.