Ciptakan Rak Buku Burung Garuda, Undip Bukukan Rekor Muri

METROSEMARANG.COM – Pembuatan rak buku menyerupai burung garuda setinggi 6,7 meter yang digagas Universitas Diponegoro (Undip), mampu menorehkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri). Ini menjadi rekor ke-17 yang dibukukan kampus negeri tersebut.

Penyerahan penghargaan Muri kepada Rektor Undip Prof Yos Johan Utama. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Pemecahan rekor yang diinisiasi perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Undip itu dilakukan pada Minggu (13/8). Rekor Muri diserahkan oleh Executive Manager Muri, Sri Widayadi.

Presiden BEM-KM Undip Jadug Trimulyo menyebut rak buku garuda tersebut mampu menampung tak kurang seribu buku sekaligus.

Ini, kata Jadug semakin memperkuat misi kampusnya untuk menjadi kampus bercirikan Pancasila.

“Kami mengambil Pancasila sebagai monumen bukan asal ambil kami melihat isu banyaknya perpecahan dan permusuhan. Di sini kami mengingatkan monumen ini lambang persatuan bangsa Indonesia,” ungkap Jadug.

Pembuatan rak buku garuda dikerjakan sebulan terakhir. Menurutnya adanya pemecahan rekor itu nantinya bisa jadi simbol tersendiri yang dapat dikenang oleh para mahasiswa baru.

Ini merupakan rekor ke-17 yang diciptakan oleh kampus negeri tersebut.
Muri telah berulang kali memasukkan rekor yang ditorehkan Undip sejak 2010 silam.

Rektor Undip, Yos Johan Utama menambahkan rekor rak buku burung garuda diharapkan jadi simbol persatuan rakyat Indonesia dan akan dipakai untuk mengumpulkan buku-buku untuk disumbangkan ke daerah-daerah.

“Rak buku itu digunakan mengumpulkan buku-buku tulis kemudian kami sumbangkan ke sekolah yang lebih membutuhkan,” cetusnya. (far)

You might also like

Comments are closed.