Seperti Ini Ciri Korek Palsu Bikinan Cina

METROSEMARANG.COM  – Dari hasil pemeriksaan petugas Dit Reskrimsus Polda Jateng diketahui korek merk Tokai abal-abal sudah beredar sejak tahun 2015. Dikhawatirkan korek tanpa label SNI itu sudah menyebar ke seluruh Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Korek palsu bikinan Cina ini dikhawatirkan membahayakan konsumen. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Korek palsu bikinan Cina ini dikhawatirkan membahayakan konsumen. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

Kuasa Hukum dari PT Tokai Dharma Indonesia, Purnomo Suryomucitro, selaku pihak yang dirugikan menyebut korek api abal-abal tersebut sangat berbeda dengan korek api yang diproduksi Tokai Indonesia.

Selain bahan material pembuat korek, sejumlah perbedaan jelas terlihat jika membandingkannya dengan yang asli. Perbedaan tersebut dimulai dengan kemasan atau kardus korek, di mana gambar tidak terlihat jelas dan tidak terdapat benang pengaman dalam segel kemasan.

“Selanjutnya jika dilihat secara teliti, korek palsu ini menggunakan karet sil berwarna merah, bukan hitam seperti yang asli,” kata Purnomo, di sela-sela pemusnahan korek api abal-abal, Rabu (11/5).

Kemudian, lanjut Purnomo, jika korek api palsu tersebut diraba akan terasa tekukan pada badan korek dan tidak terasa halus.

Sementara, Kepala Sub Direktorat I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Dit Reskrimsus Polda Jateng, AKBP Juli Agung mengaku masih mendalami kasus pemalsuan tersebut. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membeli korek api abal-abal tersebut.

“Untuk mengelabuhi, harganya dibuat sama seperti yang asli. Kami imbau masyarakat berhati-hati. Karena tidak memenuhi standart SNI, tentu korek api tersebut berbahaya,” kata Juli. (yas)

You might also like

Comments are closed.