Cuaca Ekstrem sampai April, Waspada Ancaman Puting Beliung

Ilustrasi
Ilustrasi

METROSEMARANG.COM – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) Semarang mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman angin puting beliung saat musim hujan yang diprediksi berlangsung hingga April mendatang. Potensi puting beliung tersebut bisa terjadi di seluruh wilayah Jateng baik utara, selatan maupun tengah.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Semarang, Reni Kraningtyas mengatakan, peluang hujan lebat masih akan terus terjadi, yang dikarenakan adanya perbedaan tekanan antara laut dan daratan. Tekanan udara sekitar bawah Laut Selatan Jawa 1.010 milibar, sedangkan daratan mencapai 1.008 milibar yaitu sekitar wilayah Cilacap, Banyumas dan sekitarnya.

“Saat tekanan udara dari tinggi ke rendah, di situ ada peluang hujan. Sampai April masih ada potensi (hujan) dan cuaca yang ekstrem satu dua hari masih berpotensi,” kata Reni, Selasa (1/3).

Reni mengungkapkan, puncak musim penghujan atau pancaroba sebenarnya sudah lewat, tapi hujan lebat seperti sekarang ini masih berpotensi terjadi. Untuk wilayah dataran tinggi Semarang, seperti Boja, Mijen, dan Gunungpati, kata Reni, curah hujannya lebih tinggi.

“Potensi angin puting beliung berpeluang terjadi sampai April, karena angin kencangnya masih banyak dan disertai hujan lebat dengan durasi singkat,” tandasnya. (din)

You might also like

Comments are closed.