Cuaca Terik, Gudang Batubara Ludes Dilalap Api

METROSEMARANG.COM – Cuaca terik yang menyelimuti Kaliwungu Kendal kembali memicu kebakaran. Kali ini api melalap gudang penimbunan batubara di Jalan Lingkar Kaliwungu Kendal, Sabtu (26/8) siang.

Kebakaran gudang batubara di Kaliwungu, Sabtu (26/8). Foto: metrojateng.com

Gudang ini terbakar saat pekerja memilah tumpukan batubara. Api dengan cepat menghanguskan tumpukan batubara yang disimpan di gudang tersebut.

Cuaca terik dan hembusan angin kencang, lagi-lagi menjadi penyebab kebakaran. Satu unit mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi melokalisir api dengan menyemprotkan air ke tumpukan batubara yang mengepul.

Menurut Sarkam, pekerja gudang mengatakan, api mulai terlihat di tumpukan batu bara yang menggunung di sebelah timur. “Saat itu angin berhembus kencang sehingga bara yang terbakar berterbangan dan menyebar ke tumpukan batubara yang lain. Akibatnya api menyala dan membakar tumpukan batubara secara bersamaan,” katanya.

Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena api merata di tumpukan batubara yang menggunung. Selain itu minimnya sumber air karena sungai kering, juga menyulitkan pemadam mendapatkan pasokan air untuk memadamkan api.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di dekat gardu induk PLN Kaliwungu. Beruntung, api yang melalap ilalang bisa segera teratasi sebelum merembet ke gardu induk. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.