Daftar Tunggu 120 Ribu, Semarang Hanya Dijatah 10 Ribu Blanko e-KTP

METROSEMARANG.COM – Kota Semarang bulan April ini akan digelontor sebanyak 10 ribu blanko e-KTP dari pemerintah pusat. Namun jumlah itu masih jauh dari daftar tunggu untuk memperoleh e-KTP di kota ini yang mencapai sebanyak 120 ribu penduduk.

Proses pembuatan e-KTP di Semarang, beberapa waktu lalu. Semarang hanya dijatah 10 ribu blanko e-KTP pada April 2017. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Mardiyanto mengatakan, pihaknya harus menerapkan skala prioritas untuk warga yang memperoleh e-KTP karena jumlah blanko yang baru sedikit itu. e-KTP akan diberikan sesuai dengan urutan daftar tunggu masyarakat untuk menghindari kericuhan.

“Kami sudah ada daftar tunggunya. Kami memprioritaskan masyarakat memperoleh e-KTP sesuai urutan awal daftar tunggu untuk menghindari keributan,” katanya, Rabu (12/4).

Mardiyanto mengaku tidak dapat memastikan kapan blangko e-KTP digelontorkan lagi di Kota Semarang. Sebab pemerintah pusat yang menentukannya.

Untuk sementara menyiasati kekosongan blanko, pihaknya mengeluarkan KTP sementara yang berlaku untuk enam bulan. “Setelah enam bulan berakhir bisa diperpanjang lagi,” katanya.

KTP sementara yang berupa lembaran ukuran HVS, tertulis Surat Keterangan sebagai pengganti KTP elektronik, fungsinya sama seperti e-KTP. Di antaranya berguna untuk kepentingan Pemilu, Pemilukada, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan dan lain-lain.

Sementara dari 10 ribu blanko yang akan diperoleh, diperkirakan butuh waktu sekitar 2 minggu untuk dicetak menjadi e-KTP. (duh)

You might also like

Comments are closed.