Dana Bantuan Parpol di Semarang bakal Naik Dua Kali Lipat

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang akan mengikuti pemerintah pusat  untuk menaikkan dana bantuan parpol di Kota Semarang tahun 2018. Namun besaran kenaikannya tidak sampai 10 kali lipat seperti di pusat, melainkan hanya 2 kali lipat saja.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
Foto: metrosemarang.com/dok

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, sesuai aturan kenaikan dana bantuan partai politik ini bisa dilakukan sepanjang keuangan pemerintah cukup. Kenaikan ini juga telah ditetapkan dalam Surat Menteri Keuangan Nomor 277/MK.02/2017 pada 29 Maret 2017.

”Penetapan ini juga telah diikuti dengan revisi PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada parpol,” katanya di balai kota, Kamis (9/11).

Namun demikian, Hendi, sapaan wali kota, mengatakan kenaikan dana bantuan parpol di Kota Semarang tidak akan sebesar seperti di pemerintah pusat yang mencapai 10 kali lipat. Tapi kenaikannya hanya 2 kali lipat mengingat kemampuan keuangan Pemerintah Kota Semarang.

”Secara aturan dan keuangan Pemkot masih memungkinkan, meski kenaikannya tidak seperti di pusat yang naik sampai 10 kali lipat. Nah harapan Saya, Kesbangpol bisa menaikan 2 kali lipat untuk temen-temen parpol di Kota Semarang,” ujarnya.

Sekadar diketahui, kenaikan dana parpol ini juga salah satunya didasari oleh rekomendasi dari KPK. Dengan kenaikan dana bantuan diharapkan parpol dapat melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. (duh)

 

You might also like

Comments are closed.