Dani atau Franky? Eko: Sing Penting PSIS Menang

image
Franky Mahendra dan Nufiandani bakal bersaing untuk mengisi sayap kanan PSIS. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Performa oke yang diperlihatkan Ahmad Nufiandani di laga terakhir fase 16 besar, memberi banyak opsi bagi pelatih Eko Riyadi untuk meracik lini serang PSIS. Namun, tak ada garansi buat Nufiandani selalu menjadi starter. Dia harus bersaing dengan pemain lain, termasuk Franky Mahendra.

Dua gol ke gawang Persikabo, menjadi bukti kualitas Nufiandani. Tak hanya cepat, Dani–sapaan intimnya–juga punya naluri membunuh di kotak penalti lawan. Tapi, penampilan menawan yang disajikan Dani justru menjadi ‘masalah’ baru buat Eko Riyadi.

Di pertandingan terakhir tersebut, Dani mengisi peran sebagai winger kanan, pos yang sebelumnya selalu dikuasai Franky. Eko pun mengakui bahwa Nufiandani mengalami peningkatan yang cukup bagus. Penampilannya juga terus membaik saat diberi kesempatan main.

“Apa yang sudah ditampilkan Dani membuktikan bahwa dia pemain bagus. Kondisi ini tentu saja sangat positif untuk persaingan di dalam tim PSIS. Tiap pemain harus bisa all out saat diberi kesempatan tampil,” kata Eko.

Namun, eks pembesut Persitema ini belum berani memberi garansi bagi Dani untuk menggeser peran Franky. “Pilih Dani atau Franky? Sing penting PSIS menang. Artinya, saya akan memilih sesuai kebutuhan tim. Bisa saja dua-duanya kita pasang bareng,” kata dia, saat dimintai komentar soal kemungkinan Dani kembali menjadi starter saat PSIS menjamu PSS Sleman, Sabtu (4/10) besok.

Performa apik yang ditampilkan Dani, setidaknya membuat Eko leluasa meramu komposisi di lini serang Mahesa Jenar. Jika selama ini tiga gelandang serang di belakang striker nyaris selalu diisi Ronald Fagundez, M Yunus, dan Franky, kini salah satu dari mereka bisa saja digantikan Dani.

Eko pun tak terlalu risau jika Franky atau Fagundez berhalangan tampil. Apalagi, dua pemain itu selalu menjadi incaran bek-bek lawan, sehingga rentan cedera. Hingga akhir fase 16 besar, Franky termasuk salah satu pemain yang paling sering tampil. Jika dalam kondisi fit, pemain asal Purwodadi itu selalu dimainkan.

Total, Franky sudah mengumpulkan 1.432 menit bermain, dengan donasi satu gol. Kondisi ini tentu saja juga kurang menguntungkan bagi si pemain. “Kompetisi sudah memasuki fase krusial, sehingga kita harus bisa menjaga kebugaran pemain. Saya berharap, semua pemain tetap fight di lapangan, sekalipun harus memulai dari bangku cadangan,” tandas Eko. (*)

Statistik Franky dan Nufiiandani
Franky                                                                         Nufiandani
 
Tampil             17 kali                                              11 kali
Menit               1.432                                                 658
Starter             14                                                       6
Pengganti       1                                                         5
Diganti             2                                                         0
Gol                    1                                                          4
 

You might also like

Comments are closed.