Daripada Kejar WTP, KPK Minta Daerah Fokus Perbaiki Sistem Pemerintahan

METROSEMARANG.COM – Kecenderungan pemerintah daerah yang mengejar predikat sistem pengelolaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dengan mengabaikan perbaikan sistem pengelolaan itu sendiri, seperti sistem pengadaan barang dan sistem anggaran dinilai harus diubah.

Ilustrasi

”Perbaikan sistem pemerintahan akan mendorong perolehan predikat pengelolaan keuangan pemerintah WTP. Perbaikan sistem ini lebih penting dari pada hanya mengejar WTP tapi tidak diimbangi dengan perbaikan sistem tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, di temui usai acara workshop di Balai Kota Semarang, Selasa (22/8).

Dia menjelaskan, sistem pemerintahan yang baik dengan sendirinya dapat membuahkan predikat WTP. Dengan perbaikan sistem ini diyakini KPK tidak perlu lagi melakukan pendampingan secara intens kepada pemerintah daerah.

”Perbaikan sistem yang seharusnya dibangun kepala daerah untuk mendapatkan predikat WTP, bukan justru mengabaikan sistem,” tegasnya.

Salah satu contoh, lanjutnya, yakni sistem prosedur pengadaan barang dan jasa serta perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) di pemerintahan daerah, harus diperkuat dari sisi kapasitas dan integritasnya.

Pihaknya juga meminta, agar dana intensif dari pemerintah pusat bagi pemerintah daerah maupun tingkat kementerian yang mendapat predikat opini WTP dapat dihilangkan.

Alexander Marwata menegaskan, tanpa pendampingan KPK jika dilandasi itikad baik dari kepala daerah, pemerintah daerah pun pasti akan mendapat predikat yang baik pula.

”Peran dari kepala daerah juga menjadi faktor penting. Jika dalam pelaksanaan program pembangunannya mensejahterakan masyarakat dan tidak terjadi penyimpangan, akan mencerminkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas,” tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.