DBD Merebak, PMI Kota Semarang ‘Jemput Bola’ Cari Pendonor

Mobil Unit Donor Darah PMI Kota Semarang bakal terus berkeliling untuk mencari pendonor darah. Foto: metrosemarang.com/dok
Mobil Unit Donor Darah PMI Kota Semarang bakal terus berkeliling untuk mencari pendonor darah. Foto: metrosemarang.com/dok

METROSEMARANG.COM – Merebaknya kasus demam berdarah dengue (DBD) akhir-akhir ini, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang ikut sibuk untuk memenuhi permintaan darah. Untuk menjamin ketersediaan stok darah, PMI juga semakin rutin ‘blusukan’ ke tengah masyarakat.

Ketua PMI Kota Semarang, Saman Kadarisman menyatakan, pihaknya menyiagakan lima unit mobil untuk dikerahkan ke instansi atau perusahaan guna mencari pendonor. “Ini akan nambah terus. Saya yakin gak akan kekurangan. Kalau ada permintaan lebih, kami siap menggiatkan mencari pendonor,” katanya, Jumat (5/2).

Saman mengatakan, di beberapa daerah terjadi peningkatan permintaan darah, yang salah satunya terjadi akibat dari meningkatnya panderita DBD. Namun, jumlah peningkatan ini tidak signifikan, hanya berkisar 10-20 persen.

“Stok kami masih sangat mencukupi. Paling tidak untuk seminggu ke depan, kami tidak khawatir kekurangan darah. Ya mudah-mudahan DBD tidak mewabah di Semarang,” lanjutnya.

Saman meyakinkan bahwa saat ini persediaan darah sudah sesuai dengan kebutuhan rumah sakit, yakni berkisar 300-400 kantong perhari. Dengan demikian, stok darah yang harus tersedia dalam sepekan mendatang mencapai 2.100-2.800 kantong.

Menurut Saman, kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya sudah mulai tumbuh. Dalam sehari, setidaknya ada 50-70 orang datang ke kantor PMI untuk mendonorkan darahnya. (CR-08)

You might also like

Comments are closed.