Debat Cagub Jateng Usung Misi Pembangunan Strategis Masa Kini

SEMARANG – Debat calon gubernur Jawa Tengah bakal digelar tiga kali, masing-masing 20 April, 3 Mei serta 21 Juni 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan ajang debat bakal mengusung misi pembangunan strategis Jawa Tengah yang sedang digarap sampai saat ini.

Kedua paslon Pilgub Jateng bersama pimpinan KPU, Bawaslu dan parpol pengusung menerbangkan merpati sebagai simpil perdamaian selama Pilkada 2018. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo menyatakan tamu undangan yang hadir dalam debat cagub bakal dibatasi. Tiap pasangan calon boleh membawa pendukungnya masing-masing namun dibatasi hanya 125 orang saja. Debat cagub tahap pertama telah dijadwalkan Jumat besok. Dua stasiun televisi, Inews TV dan Trans Corp akan menyiarkan debat pukul 18.30 WIB selama 90 menit.

Debat pertama dibagi lima segmen pembukaan, pemaparan visi misi dan program. Selanjutnya pertanyaan dari moderator dan tanggapan dari masing-masing pasangan calon. Debat diakhiri dengan pernyataan penutup dari masing-masing pasangan calon.

Materi debat telah disusun para panelis dari para pakar dan akademisi. “Debatnya nanti merujuk pada rencana strategis pembangunan serta isu aktual yang sedang hangat akhir-akhir ini,” ujar Joko, Rabu (18/4).

Ia mengungkapkan terdapat sejumlah visi misi paslon yang akan dibahas. Ia menyebut ada visi peningkatan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, peningkatan pelayanan, dan penyelesaian persoalan daerah.

Tak cuma itu. Debat cagub juga membahas penyelarasan pembangunan antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten atau kota. “Terpenting membahas memerkokoh NKRI serta semangat kebangsaan,” tegasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.