Delapan Panambang Pasir Tewas Tertimbun Longsor di Kali Bebeng

METROSEMARANG.COM – Delapan orang tewas tertimbun longsor di areal penambangan pasir di Kali Bebeng Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Senin (18/12) siang. Korban yang merupakan penambang pasir tertimbun longsoran dari tebing dengan tinggi sekitar 25 meter.

Lokasi penambangan pasir yang menewaskan delapan orang. Foto: istimewa

Peristiwa tersebut juga mengakibatkan delapan orang penambang lainnya mengalami luka-luka. Enam korban meninggal sudah berhasil dievakuasi ke RSUD Muntilan.

“Dua korban meninggal lainnya masih dalam proses evakuasi,” kata Cahyono, petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, Senin (18/12).
Cahyono belum bisa memberikan keterangan penyebab longsor karena masih simpang siur. Tim BPBD bersama dengan TNI, POlri, relawan, SAR maupun masyarakat lainnya terus berusaha melakukan evakuasi. Tebing longsor terjadi sekitar pukul 10.15 wib.
Berdasarkan data BPBD, baru empat korban yang sudah teridentifikasi, yakni Zainudin (32), Iwan Dwi (34), Heri Setiawan. Ketiganya dari Dusun Kemburan Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Seorang korban lagi Suparno dari Dusun Dermo Desa Bringin Kecamatan Srumbung.
Sementara, delapan korban luka antara lain, Herman (27), Sukaedi (35), Nur Kholik (20), ketiganya dari dusun Kudusan desa Tirto kecamatan Grabag. Kemudian Harsoyo (30) dari Ngeren Kecamatan Grabag, Asnawi (Garungan Grabag), Samsuri (30) dan Royani  dari dusun Jamblangan desa Bringin Srumbung serta Suyatno (38) dari Godean Sleman.
Kepala RSUD Muntilan Kabupaten Magelang, M Syukri menambahkan, pihaknya telah merawat delapan korban selamat longsor di bantaran Kali Bebeng, Kaliurang, Srumbung. Satu korban telah dirujuk ke RSUP Sardjito Yogyakarta.
“Ada yang kita rujuk karena kondisinya yang tidak mungkin diraawat di RSUD Muntilan,” kata Syukri.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto menambahkan, malam ini dua jenazah dari Dusun Kemburan Jumoyo Kecamatan Salam dalam proses pemberangkatan menuju rumah duka. (metrojateng.com/MJ-24)

You might also like

Comments are closed.