Demo #saveKPK Dibubarkan Orang Gila

Demo #SAVE KPK di Tugu Tunas Pahlawan Pleburan, Jumat (6/3), sempat diganggu orang gila. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Demo #SAVE KPK di Tugu Tunas Pahlawan Pleburan, Jumat (6/3), sempat diganggu orang gila. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Di tengah-tengah keseriusan demonstran dari Front Jawa Tengah, terdapat kejadian janggal yang mungkin jarang ditemui ketika aksi. Tidak ada penjagaan dari petugas kepolisian di sekitar Tugu Tunas Pahlawan, Pleburan.

Demo sempat terhenti beberapa waktu karena adanya orang gila yang masuk ke kerumunan demonstran. Awalnya, orang yang memiliki keterbelakangan mental berjenis kelamin wanita itu hanya berdiri dan mendengarkan orasi.

Beberapa saat kemudian, dia berteriak dan mengejar beberapa pewarta yang sedang mengambil gambar dan video selama demonstrasi berjalan. Sontak, para demonstran ikut tertawa melihat beberapa wartawan dan demonstran yang dikejar orang gila tersebut. “Polisi tidak bisa membubarkan demo, tapi orang gila bisa,” ujar seorang demonstran.

Setelah beberapa saat, orang gila tersebut beranjak dari lokasi aksi. Demonstrasi kemudian dilanjutkan dengan berorasi terkait kekecewaan terhadap Plt Pimpinan KPK, Taufikurrahman Ruki yang mengaku kalah dalam penanganan kasus Budi Gunawan.

Demonstran khawatir dengan dilimpahkannya kasus Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung, maka kasus itu akan menguap begitu saja tanpa tindak lanjut.

Selain itu, Ruki juga dinilai tidak pantas menjabat sebagai Plt pimpinan KPK yang dilihat dari usianya saja sudah melewati batasan. “Itu hak prerogatif presiden, tetapi keputusan itu sudah cacat,” kata Sekretaris Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah, Eko Haryanto. (ade)

You might also like

Comments are closed.