Derita Siswa SDN Bugangan 01, Belajar di Tengah Kepungan Rob

METROSEMARANG.COM – Tahun ajaran baru 2016/2017 sepertinya menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi ratusan siswa SD Negeri Bugangan 01. Mereka harus mengikuti kegiatan belajar mengajar di tengah kepungan rob yang merendam sekolah di Jalan Bugangan Regol RT 6 RW 1 ini.

Kondisi SDN Bugangan 01 yang selalu terendam rob. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Kondisi SDN Bugangan 01 yang selalu terendam rob. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Pemandangan cukup memprihatinkan terlihat saat para siswa harus melewati genangan air rob yang merendam halaman sekolah mereka. Beralaskan papan kayu selebar kurang lebih 20 sentimeter, anak-anak bergantian menyeberang dari gerbang sekolah menuju ke dalam kelas masing-masing. Bahkan, siswa kelas VI harus memanjat pagar untuk bisa naik ke tangga menuju kelas mereka di lantai dua.

Kondisi ini diperparah dengan lokasi sekolah yang berdekatan dengan pasar. Bukan saja kenyamanan siswa yang terganggu dengan hiruk pikuk aktivitas di pasar, papan informasi sekolah juga ‘tenggelam’ di antara para pedagang.

“Memang begini kondisinya, sampai kalau ada tamu yang datang sering nanya duluan sekolahnya atau pasarnya,” ungkap Siti Choiriyah, Kepala SDN Bugangan 01 kepada metrosemarang.com, Rabu (20/7) pagi.

Menurut dia, genangan rob yang merendam sekolahnya akan semakin parah saat turun hujan. “Kalau hujan deras sudah terendam juga ruang kelas,” imbuh Choiriyah.

Tak hanya masalah pasar dan rob saja yang mengganggu aktivitas belajar di sekolah ini. Keterbatasan ruang kelas, memaksa pihak sekolah menyatukan kelas 1 dan 2 ke dalam satu ruangan.

“Ruang kelas hanya ada lima, jadi kelas 1 dan 2 harus dijadikan satu. Kami juga sudah ajukan permohonan dan proposal untuk rehab total gedung, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan,” ujarnya.

Dia berharap renovasi gedung bisa segera terealisasi, sehingga siswa bisa melaksanakan KBM dengan nyaman. Selain itu, jika tak kunjung diperbaiki, dikhawatirkan jumlah peminat yang mendaftar di sekolah tersebut juga terus berkurang. (vit)

 

 

You might also like

Comments are closed.