Deteksi Kanker Serviks, Puluhan Istri Petinggi BUMN Sambangi Mijen

METROSEMARANG.COM – Puluhan perempuan yang tergabung dalam Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN Jawa Tengah menyambangi Kelurahan Ngadirgo Kecamatan Mijen Kota Semarang, untuk menggelar penyuluhan akan pentingnya deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks.

Deteksi kanker serviks yang dilakukan IIP Jateng di Kelurahan Ngadirgo, Mijen, Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Lurah Ngadirgo, Karyoso menuturkan penyuluhan kanker serviks sangat penting bagi warganya terutama soal pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) bagi warganya.

“Sebab, penderita kanker mulut rahim tak terbatas pada mereka yang sudah mapan ekonominya namun dapat pula diderita oleh ibu-ibu yang jarang memeriksakan dirinya,” katanya, Rabu (22/2).

Elisabet SA Widyastuti, Direktur Eksekutif PKBI Jateng menambahkan penyuluhan yang digagas oleh IIP itu bertajuk ‘Wanita Sehat Menuju Keluarga Bahagia’.

Elisabet menyampaikan bahwa banyak wanita mempunyai koleksi baju, tas, sepatu dan perlengkapan penting lainnya yang menunjang kecantikan dan kesempurnaan penampilan. Tetapi kadang mereka lupa bahwa miliknya pribadi yanga sangat penting sebagai alat reproduksi dan kesehatan tidak dirawat.

“Kita sejak kecil selalu diajarkan tentang pemahaman kepala, pundak, lutut kaki, tetapi antara pundak dan lutut itu tidak pernah diajarkan. Karenanya, kita konsen pada kesehatan reproduksi wanita,” jelasnya.

Pemeriksaan IVA adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3-5 persen.

Bila setelah pulasan ada perubahan warna, tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker. Syarat IVA, antara lain, sudah menikah, tidak haid, tidak sedang hamil, dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual.

Ketua IIP BUMN Korwil Jateng Juliana Djajadi, menyebutkan kegiatannya bentuk kepedulian dan empati terhadap para perempuan. (far)

You might also like

Comments are closed.