Dewan: Pemekaran Kecamatan Harus Dikaji Mendalam

METROSEMARANG.COM – Rencana Pemerintah Kota Semarang yang sedang mengkaji pemekaran kecamatan mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Namun pemerintah harus melakukan kajian yang mendalam.

Pemkot Semarang mewacanakan pemekaran menjadi 32 Kecamatan

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi menyatakan mendukung rencana pemekaran wilayah tersebut. Bahkan baik pemekaran kecamatan maupun pemekaran kelurahan.

‘’Kami mendukung dengan adanya wacana pemekaran wilayah tersebut, baik kecamatan maupun kelurahan guna mempercepat proses pembangunan wilayah,’’ tegasnya, Senin (5/3).

Dia mengatakan, namun rencana pemekaran itu harus ada kajian yang mendalam. Dengan mempertimbangkan penyebaran penduduk, luasan wilayah, dan juga pendapatan per kapita wilayah yang akan dimekarkan.

Di samping itu, lanjutnya, perlu mempertimbangkan bahwa selama ini di masing-masing kecamatan distribusi anggaran yang dikelolanya sangat besar. Sedangkan Sumber Daya Manusia (SDM) teknis, terutama kegiatan infrastrukturnya sangat kurang.

‘’Sehingga fungsi pengawasan lapangan kurang maksimal yang akan berpengaruh terhadap kualitas hasil pekerjaan, dan juga adanya beberapa serapan anggaran yang kurang terserap secara maksimal,’’ kata Surpiyadi.

Jika pemekaran bisa terealisasi maka pihaknya optimis pembangunan wilayah akan lebih optimal. Lebih fokus dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing-masing wilayah.

‘’Termasuk juga urusan wajib pendidikan yang selama ini OPD terkait juga menangani infrastruktur pembangunan, bisa lebih optimal dan fokus dalam mengurusi pendidikan, setidaknya urusan pembangunan infrastruktur diserahkan pada OPD yang memang menangani infrastruktur,’’ tandasnnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.