Dewan Syuro PKB Tolak Soemarmo-Zuber

Keputusan mengusung Soemarmo-Zuber Zawawi membuat kubu PKB terbelah. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Keputusan mengusung Soemarmo-Zuber Zawawi membuat kubu PKB terbelah. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Dewan Syuro DPC PKB Kota Semarang mengaku kecewa dengan keputusan yang diambil Ketua dan Sekretaris Dewan Tanfidz PKB terkait Pilwakot 2015 ini. Dewan Syuro meminta para kyai dan pemilih PKB untuk menolak pasangan Soemarmo-Zuber.

Menurut Sekretaris Dewan Syuro PKB Kota Semarang Kholison Syafii, keputusan PKB untuk berkoalisi dengan PKS adalah tindakan ceroboh. Begitu juga dengan keputusan untuk mengusung Soemarmo HS dan Zuber Safawi.

“Ini melukai hati para kyai dan pemilih PKB,” kata dia, Jumat (31/7). Kholison bahkan mengajak seluruh elemen PKB untuk mengalihkan dukungannya kepada pasangan lain.

Dia menambahkan, Dewan Syuro semestinya diajak berdikusi oleh Dewan Tanfidz. Dalam kondisi ini, Dewan Syuro merasa ditelikung oleh Ketua dan Sekretaris Dewan Tanfidz.

Dalam pertimbangan Dewan Syuro, seharusnya PKB dapat mengamankan kursi bakal calon (balon) wakil Wali Kota dari kalangan internal. “Dari kalangan internal kala itu sudah ada beberapa nama yang mendaftar. Semestinya nama-nama mereka yang diprioritaskan sebagai balon wawali, bukan malah dari kader partai lain,” tandasnya.

Keputusan mengusung Soemarmo-Zuber juga berimbas pada pemecatan Ketua DPC PKB Kota Semarang, Teguh Widodo yang dilakukan oleh Dewan Syuro. “Sebenarnya secara resmi kami sudah melayangkan surat kepada yang bersangkutan ditembuskan ke DPW Jateng dan DPP sebelum Ramadan lalu. Baru kali ini kami sampaikan secara resmi melalui pers supaya publik tahu,” tegas Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Semarang Drs KH Ahmad Hadlor Ikhsan.

Teguh selama ini dinilai tidak menggunakan mekanisme organisasi dalam mengambil keputusan, termasuk dukungannya kepada Soemarmo HS-Zuber Safawi dari koalisi PKB dan PKS. Padahal, Dewan Syuro menginginkan kader PKB, Linna Aliana yang maju sebagai calon yang diusung PKB. (ade)

You might also like

Comments are closed.