Dianggap Membosankan, Museum Ranggawarsita Butuh Terobosan

Sekelompok anak-anak sedang mengamati koleksi Museum Ranggawarsita, Sabtu (2/1). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Sekelompok anak-anak sedang mengamati koleksi Museum Ranggawarsita, Sabtu (2/1). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

METROSEMARANG.COM – Museum Ranggawarsita menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur panjang Tahun Baru 2016. Sayang, museum di kawasan Kalibanteng tersebut dinilai membosankan karena tak ada koleksi baru yang ditawarkan.

“Saya beberapa kali berkunjung di museum ini, belum ada perubahan yang menarik bagi wisatawan. Koleksi yang dipamerkan masih itu-itu saja, belum ada yang baru,” kata Nur Rokhim, guru pendamping wisata anak-anak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri Pengging Boyolali, Sabtu (2/1).

Menurutnya, dari beberapa destinasi wisata yang dikunjungi di Kota Semarang, Museum Ranggawarsita tak mampu memberikan kesan bahkan cenderung membosankan. Dia berharap pengelola membuat terobosan baru untuk menarik minat wisatawan.

Senada dengan Rokhim, Mustofa menginginkan ada pembenahan koleksi di Museum Ranggawarsita. Sehingga kesan museum yang sekarang membosankan bisa menjadi menyenangkan.

Bagian Pelayanan dan Tata Pameran Museum Ranggawarsita Jawa Tengah, Sunarto mengakui jumlah kenaikan pengunjung di musim libur kali ini tak begitu banyak. Sebab, masyarakat lebih memilih berlibur ke destinasi wisata lainya ketimbang ke museum.

“Kalau pun banyak wisatawan berkunjung ke museum kebanyakan dari luar kota seperti Pemalang, Batang, Demak, Purwadadi, Jepara,Sleman dan lainnya. Sementara, masyarakat Kota Semarang justru sedikit,” ungkapnya. (CR-08)

You might also like

Comments are closed.