Dibangun Awal 2018, Tol Semarang-Demak akan Jadi Tanggul Laut

METROSEMARANG.COM – Salah satu upaya untuk mengatasi banjir dan rob yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang adalah dengan memanfaatkan keberadaan jalan tol Semarang-Demak. Jalan tol tersebut akan dibangun sebagai bangunan multifungsi tidak hanya sebagai jalan namun juga sebagai tanggul laut.

Hendrar Prihadi
Foto: metrosemarang.com/dok

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, mestinya pembangunan jalan tol Semarang-Demak tersebut akan dilakukan pada tahun 2017. Tetapi kemudian ada perubahan rencana pembangunan berdasarkan hasil koordinasi dengan seluruh pihak yang terkait.

”Tapi hasil koordinasi antara Pemkot Semarang dan Pemab Demak dengan Kementerian PUPR kemudian ada perubahan skenario. Bahwa bangunan ini tidak hanya sebuah jalan tol tetapi akan dibuat juga agar berfungsi sebagai tanggul laut,” katanya, saat ditanya wartawan upaya untuk menyelesaikan masalah banjir dan rob yang tak kunjung selesai di wilayah Kota Semarang di balai kota, Rabu (3/5).

Adanya perubahan skenario tersebut membuat titik awal lokasi pembangunan jalan tol kemudian harus bergeser. Menurut Hendi, sapaan akrabnya wali kota, titik pembangunan akhirnya harus digeser lebih ke utara tidak lagi di titik daratan di antara wilayah Semarang dan Demak. ”Tapi sudah menuju ke laut,” ujarnya.

Nantinya, jalan tol yang berfungsi juga sebagai tanggul laut tersebut ditargetkan akan dimulai pembangunan fisiknya pada awal tahun 2018 mendatang. Pembangunan akan dilaksanakan selama dua tahun anggaran sehingga akhir tahun 2019 mendatang sudah akan dapat berfungsi sesuai rencana. (duh)

You might also like

Comments are closed.