Dibuka Menteri Pariwisata, SNC 2017 akan Dihadiri Puluhan Mahasiswa dan Duta Besar Negara Asing

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang akan kembali menggelar event kolosal tahunan, Semarang Night Carnival (SNC) pada Sabtu (6/5). Karnaval malam hari yang diadakan sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-470 Kota Semarang ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Yahya Muhaimin pada pukul 19.00 WIB.

SNC 2017 dijanjikan berlangsung meriah dan akan dibuka Menteri Pariwisata pada Sabtu (6/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Untuk tahun ini, SNC akan diikuti oleh 400 pelajar dari SMP, SMA hingga mahasiswa di Kota Semarang. Mereka akan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 1,3 Km dari titik nol kilometer atau depan Kantor Pos Besar Johar, kemudian menyusuri sepanjang Jalan Pemuda dan finish di Lawang Sewu.

Tak hanya itu saja, 60 mahasiswa asing dan penari yang berasal dari empat negara yaitu Tailand, Taiwan, Srilanka dan Korea Selatan juga tidak ketinggalan untuk memeriahkan gelaran SNC tahun ini. Mereka akan berbaur dengan ratusan peserta lainnya.

Selain itu acara tahunan terbesar di Kota Semarang ini juga akan disaksikan 11 duta besar negara yang akan ikut turnamen karate se-Asia. “Untuk tema Semarang Night Carnival tahun ini berkonsep “Paras Semarang” yang menggambarkan wajah Semarang dalam bentuk ikon-ikon terpopuler. Wajah Semarang tersebut terlambangkan ke dalam 4 hal yaitu kekayaan kuliner, flora, fauna dan ikon bangunan di kota ini,” kata Kabag Humas Setda Kota Semarang, Achyani, dalam jumpa pers, Kamis (4/5).

Kekayaan kuliner menurutnya digambarkan dengan lunpia dan bandeng presto, sedang flora fauna disimbolkan dengan bunga sepatu dan burung blekok yang mayoritas tumbuh subur di Semarang. Sementara ikon bangunan yang ada seperti Tugu Muda dan Lawang Sewu.

Achyani mengatakan, gelaran ini digelar Pemkot secara gratis sehingga masyarakat diharapkan untuk tidak melewatkan dengan menyaksikan secara langsung. Selama berlangsungnya event ini, pihak Pemkot Semarang akan melakukan sistem buka tutup jalan yang dilewati peserta SNC.

“Pihak kami melalui Dinas Perhubungan akan melihat kondisi jalan terlebih dahulu. Apabila kondisi memungkinkan, jalan tidak kami tutup namun peserta SNC masih bisa melewatinya. Begitu juga sebaliknya kami akan menutup jalan sebagian” terangnya.

Ia menambahkan Dinas Perhubungan telah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk memudahkan masyarakat yang akan menonton event tahunan tersebut. Kantong-kantong parkir tersebut berada di dalam gedung maupun parkir tepi jalan umum (on street parking).

“Untuk parkir tepi kami sediakan di Jalan Piere Tendean, Jalan MH. Thamrin, Imam Bonjol, Sendowo dan juga Gajahmada”, jelasnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat memarkirkan kendaraannya sesuai dengan tempat yang telah disediakan secara tertib. Dengan demikian, diharapkan acara akan berjalan dengan lancar dan memberikan suasana aman dan nyaman khususnya bagi warga luar kota maupun wisatawan yang datang untuk menyaksikan SNC. (duh)

You might also like

Comments are closed.