Didanai Rp 170 Miliar, Pembangunan Pasar Johar Dilelang Tahun Ini

METROSEMARANG.COM – Pembangunan Pasar Johar lama yang masuk dalam bangunan cagar budaya akan mulai dikerjakan. Pembangunan tersebut mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 170 miliar.

pasar johar
Pasar Johar Pasccakebakaran. (foto: dokumen metosemarang.com)

‘’Tahun ini pembangunan Pasar Johar tersebut sudah mulai dilelangkan oleh tim Satuan Kerja (Satker) Pemerintah Pusat,’’ kata Sekertaris Dinas Tata Ruang Kota Semarang, M Irwansyah, di balaikota, Jumat (4/5).

Dia berharap lelang proyek pembangunan pasar peninggalan kolonial Belanda itu segera diperoleh pemenangnya. Sehingga pekerjaan fisik dapat segera dilakukan. Sebab ditargetkan pembangunan pasar ini dapat selesai di akhir tahun 2019 mendatang.

‘’Sehingga sesuai harapan Wali Kota Semarang, awal tahun 2020 semua pedagang sudah dapat kembali menempati Pasar Johar yang terbakar Mei 2015 lalu itu,” terangnya.

Irwansyah menambahkan, anggaran bantuan sebesar Rp170 miliar dari Pemerintah Pusat itu hanya untuk pembangunan Pasar Johar tengah dan utara. Sementara untuk Johar selatan belum akan dikerjakan dalam waktu dekat.

Untuk pembangunan Johar selatan belum diketahui apakah nanti akan dibiayai oleh anggaran Pemkot Semarang atau kembali dibantu oleh Pemerintah Pusat. Namun yang jelas, katanya, pembangunan Pasar Johar akan mengacu pada peraturan kecagarbudayaan. Nantinya bangunan pasar akan dikembalikan seperti semula.

‘’Bahkan, nantinya kami akan turunkan lantai pasar tersebut hingga 1 sampai 1,5 meter untuk mengembalikan kondisi bangunan seperti design awal,’’ tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.