Digelontor Rp 195 Miliar, Bonbin Mangkang akan Disulap seperti Bali Zoo

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menyertakan modal sebesar Rp 195 miliar untuk pengembangan Taman Margasatwa Semarang atau yang lebih dikenal dengan Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang. Hal itu akan dilakukan setelah nanti Bonbin Mangkang resmi berubah statusnya menjadi perusahaan daerah (perusda).

Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyertaan Modal DPRD Kota Semarang meninjau langsung Kebun Binatang Mangkang, Selasa (23/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Dalam rangka mematangkan persiapan menjadi perusda tersebut, Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyertaan Modal DPRD Kota Semarang, Selasa (23/5), melakukan tinjauan secara langsung ke Bonbin Mangkang.

Ketua Pansus Raperda Penyertaan Modal DPRD Kota Semarang Joko Susilo mengatakan, pihaknya ingin mengetahui kondisi sebenarnya Bonbin Mangkang pada saat ini yang mempunyai luas sekitar 9 hektare.

”Sebab nantinya setelah menjadi perusda, Pemkot Semarang akan menginvestasikan dananya sebesar Rp 195 miliar, termasuk di antaranya lahan, satwa dan juga sarana prasarananya,” terangnya.

Ia berharap setelah menjadi perusda nantinya pengelolaan Bonbin Mangkang dapat lebih baik lagi. Dan bahkan bila memungkinkan dapat dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Sehingga Bonbin Mangkang dapat selevel dengan obyek wisata seperti Jatim Park atu Bali Zoo Park.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Margasatwa Semarang, Kusyanto mengaku optimistis jika menjadi perusda Bonbin Mangkang akan berkembang pesat. Mengoleksi satwa juga akan lebih mudah.

Sebab jika sudah menjadi perusda, katanya, akan dapat mengurus perizinan sebagai Bonbin bersertifikat konservasi. Sehingga akan memudahkan dalam tukar menukar satwa maupun membeli satwa. ‘Saat ini Bonbin Mangkang sendiri mempunyai koleksi satwa mencapai 250 ekor dan rata-rata pengunjung per harinya mencapai 1.000 orang’,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.