Digerogoti Penyakit Misterius, Tubuh Hartini Tinggal Tulang Berbalut Kulit

Hartini hidup sebatang kara dalam kondisi lumpuh. Foto: metrojateng.com
Hartini hidup sebatang kara dalam kondisi lumpuh. Foto: metrojateng.com

METROSEMARANG.COM – Tubuh kurus Hartini tergolek lemah di atas ranjang reot yang menjadi saksi bisu penderitaan warga RT 18 RW 1 Desa Winong Kabupaten Pati itu. Sudah dua tahun terakhir, wanita 32 tahun tersebut berjuang melawan penyakit misterius, yang membuatnya lumpuh.

Di rumah petak berukuran 4×4 meter, Hartini tinggal seorang diri. Suaminya, Sururi, pergi entah ke mana. Menurut Kepala Desa Winong, Jarnawi, penderitaan Hartini sudah berlangsung selama dua tahun. Sebelumnya, dia tinggal bersama suaminya.

“Tapi setelah istrinya sakit, dia (Sururi) pergi. Katanya ke Malaysia, tapi sampai sekarang tidak ada kabarnya,” kata Jarnawi, Kamis (18/2).

Kondisi Hartini semakin memburuk. Hari-harinya dihabiskan di atas pembaringan. Sekujur tubuh Hartini pun melepuh. Bahkan, akhir-akhir ini muncul bercak-bercak hitam di kaki.

Jarnawi bercerita, sebetulnya Hartini memiliki seorang adik. Namun karena jarak tempat tinggal sang adik yang jauh serta sudah berkeluarga, sang adikpun tak mampu merawat kakaknya secara maksimal.

“Untuk kebutuhan hidup sehari-hari seperti keperluan makan, mandi, bahkan buang air, ya, para tetangga yang mengurusnya,” kata Jarnawi.

Tetangga Hartini yang biasa merawatnya, Sukini, mengungkapkan, penyakit yang diderita Hartini bermula pada 2 tahun lalu saat ia berada di kamar mandi dan terjatuh. Setelah itu, Hartini tak dapat berdiri hingga sekarang.

“Hingga kini kondisinya tidak membaik malah semakin memburuk. Kasihan, kalau harus dibiarkan sendiri, kami tidak tega,” ujar Sukini. (metrojateng.com/oby)

Comments are closed.