Dinas Khawatir Pembangunan Pasar Simongan dan Johar Baru Tak Tepat Waktu

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 7 proyek revitalisasi pasar tahun ini dikerjakan di Dinas Perdagangan Kota Semarang. Salah satunya Pasar Simongan, Semarang Barat, yang progresnya diakui dinas perdagangan baru mencapai 60% menjelang akhir masa kontrak.

Pembangunan Pasar Simongan yang baru 60% dengan sisa waktu kontrak harus selesai pada 26 Desember 2017. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, dari 7 proyek fisik revitalisasi pasar, 5 dikerjakan melalui APBD murni Pemerintah Kota Semarang tahun 2017 dan 2 dibantu oleh anggaran dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan.

Hanya saja dari semua proyek tersebut, pembangunan Pasar Johar Baru di eks lokasi Pasar Kanjengan dan pembangunan Pasar Simongan diakui jadi perhatian serius. Pembangunan dua pasar tersebut dikhawatirkan tidak akan bisa selesai 100% dikerjakan pada akhir tahun.

‘’Rata-rata proyek revitalisasi pasar yang kami kerjakan akan selesai pada tanggal 26 Desember nanti. Dengan waktu yang masih ada ini, kami optimis mampu menyelesaikannya semua,’’ kata Fajar Purwoto, Selasa (19/12).

Selain Pasar Johar Baru dan Pasar Simongan, pembangunan pasar yang dikerjakannya di antaranya adalah Pasar Relokasi Johar Sementara tahap II di komplek MAJT, Pasar Waru, dan Pasar Klitikan yang akan digunakan untuk relokasi PKL Barito terkait normalisasi BKT.

Untuk pembangunan Pasar Simongan yang dikhawatirkan tidak selesai, disebutkan karena pada saat proses lelang sempat terjadi dua kali gagal lelang, sehingga progresnya saat ini baru 60%.

Sedangkan untuk pembangunan Pasar Johar Baru waktu pengerjaannya mepet, karena penyerahan dana bantuan dari Pemerintah Pusat saat itu baru diterima di bulan September.

‘’Pembangunan Pasar Johar Baru ini akan kami komunikasikan dengan Kementerian Perdagangan untuk perpanjangan waktu kontrak dengan konsekuensi bayar denda bagi kontraktor,’’ pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.